EconomicReview – Setiap tahun tepatnya tanggal 26 Maret, Asperindo merayakan hari jadinya. Khusus di tahun ini, saat Indonesia dilanda pandemi virus corona (Covid-19), Asperindo merayakan HUT ke-34 dengan menggelar aksi nyata berupa penyemprotan disinfektan di wilayah kelurahan Tomang Jakarta Barat.

Aksi ini pun sebagai langkah lanjutan dari berbagai langkah pencegahan virus corona yang dilakukan para perusahaan jasa pengiriman ekspres, pos, dan logistik anggota Asperindo di area kerja masing-masing. Sebelumnya, DPP Asperindo telah mengirimkan protokol kesiapsiagaan berupa pedoman pelaksanaan pencegahan penyebaran virus corona kepada seluruh anggota.

Kegiatan penyemprotan ini juga merupakan hasil kerjasama perusahaan anggota Asperindo dengan pihak pemerintah. Dalam pelaksanaannya, Asperindo terjun langsung bersama dengan tim dari Sudin LH (Suku Dinas Lingkungan Hidup) dan Petugas PPSU (Petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum) serta petugas Damkar (Pemadam Kebakaran).

Mengawali aksi nyata, 1 unit truk dan mobil Damkar, lalu 1 unit mobil penyapu jalan Sudin LH serta mobil Satpol PP dikerahkan. Dimulai dari depan kantor JNE hingga ke seluruh Jl. Tomang Raya, penyemprotan dilanjutkan ke area lainnya, meliputi Jl. Mandala Raya, Jl. Mandala Selatan, Jl. Mandala Utara, Jl. Rawa Kepa, Jl. Gelong Baru Tengah, Jl. Gelong Baru Utara, Jl. Tawakal Ujung, dan Jl. Tawakal Raya.

Ketua Umum Asperindo, M. Feriadi yang hadir bersama jajaran DPP Asperindo, mengatakan, “Dalam melawan Covid-19, kita harus bekerjasama dan bergotong royong. Setelah sebelumnya diawali dari upaya di internal masing-masing perusahaan anggota, kita juga harus berkolaborasi dengan pihak pemerintah agar dampak positifnya semakin luas terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar”.

Camat Grogol Petamburan, Drs. Didit Sumaryanta, yang turut hadir, menyampaikan, “Selamat ulang tahun yang ke-34 kepada Asperindo. Kami mengapresiasi kegiatan pencegahan penyebaran virus corona ini. Diharapkan langkah serupa diadakan juga di sekitar kantor anggota Asperindo di wilayah lainnya, sehingga upaya melawan pandemi virus ini dapat makin maksimal di Indonesia”.

Sejalan dengan Didit, Lurah Tomang Dwi Kurniasih yang juga hadir mengungkapkan apresiasinya kepada Asperindo. “Dirgahayu Asperindo yang ke-34 tahun. Kegiatan kali ini adalah pertama kalinya yang dilakukan oleh pihak swasta di wilayah Tomang. Diharapkan pihak swasta lainnya dapat menggelar aksi serupa, sehingga dampaknya dapat lebih besar lagi terhadap masyarakat”, tuturnya.

Kegiatan penyemprotan disinfektan secara bertahap juga akan dilaksanakan di lingkungan sekitar kantor-kantor perusahaan anggota Asperindo yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuannya, agar upaya melawan penyebaran virus corona dapat semakin maksimal dan turut mendukung pemerintah mengatasi pandemi virus corona. (Olifia)