EconomicReview – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengumumkan kebijakan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta untuk menutup sekolah di seluruh wilayah DKI Jakarta dalam dua minggu kedepan. Hal ini dilakukan untuk pencegahan menyebarnya virus covid-19 (corona) yang sudah menjadi bencana nasional.

Suasana tempat bermain yang tampak sepi karena libur, Foto : economicreviewnews.com

Gubernur yang kerap disapa Anies ini mengungkapkan penyebaran bisa ditularkan dari satu orang ke orang lainnya. “Meskipun mereka (peserta didik) tidak terjangkit, mereka bisa  tertular dari satu orang ke orang lainnya. Orang dewasa yang mengantarkan juga bisa meningkatkan intensitas penularan,” ungkapnya saat jumpa pers, di Balaikota DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Berdasarkan imbauan tersebut, Hj. Titi Setiowati selaku Kepala Sekolah TK Khoiru Jannah pun mengambil sikap tegas dengan meliburkan siswa-siswinya selama 2 pekan ke depan yakni mulai tanggal 16 hingga 28 Maret 2020. Tindakan ini diambil sebagai bentuk kepedulian terhadap peserta didiknya agar terhindar dari wabah covid-19, mengingat penyebaran virus tersebut sangat cepat.

Beliau juga menyampaikan jika selama libur sekolah, bukan berarti anak-anak tidak belajar, namun akan diterapkan pembelajaran jarak jauh atau online.

Foto bersama Kepala Sekolah, Guru dan Siswa TK Khoiru Jannah, Foto : economicreviewnews.com

“Selama libur 2 minggu ke depan, anak-anak akan tetap belajar di rumah karena Ibu guru tetap akan memberikan tugas melalui pesan singkat dengan aplikasi wa setiap senin hingga jumat di jam pelajaran sekolah. Materi yang akan diberikan hampir sama ketika anak-anak belajar di kelas, seperti hafalan, latihan membaca ataupun membuat prakarya, yang didampingi oleh orang tua setiap siswa, mengingat ini dilakukan di rumah masing-masing,” papar nya melalui wa.

Selain itu, kepala sekolah yang kerap disapa Hj. Titi ini juga mengimbau kepada seluruh orang tua agar terus memberikan pendampingan kepada putra putrinya dalam menyikapi wabah ini yakni dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun sesering mungkin sebelum dan sesudah makan atau sebelum menyentuh anggota tubuh yang sensitif seperti mulut, mata, hidung atau wajah karena dengan mengikuti imbauan meliburkan anak-anak serta menjaga kebersihan, kita sudah satu langkah mencegah penyebaran virus covid-19 ini.

TK Khoiru Jannah adalah salah satu Taman Kanak-kanak yang berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya di Jl. Semangka II, No. 28 Jatipulo. (Indah)