EconomicReview РAda bermacam-macam cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan daya ingat. Hal tersebut tidak hanya bisa dilakukan dengan belajar saja. Melansir laman Healthline.com, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat otak bekerja lebih baik, sehingga daya ingat pun mengalami peningkatan. Nah, daripada penasaran, simak saja beberapa di antaranya berikut ini.

Hal pertama yang dapa dilakukan adalah meditasi yang pada dasarnya tidak hanya baik untuk tubuh saja. Akan tetapi, juga baik untuk otak juga, lho. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan materi abu-abu di otak sehingga mampu meningkatkan memori kerja spasial, atau kemampuan untuk menyimpan dan memproses informasi yang ada di dalam pikiran.

Foto : instalasigasmedis.co.id

Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah olahraga. Tidak hanya penting untuk kesehatan fisik tetapi olahraga secara rutin juga bisa bermanfaat bagi otak, terutama dalam membantu meningkatkan daya ingat. Pasalnya, sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan sekresi protein pelindung saraf dan meningkatkan pertumbuhan neuron yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otak. Oleh karenanya, olahraga secara rutin juga bisa menurunkan risiko kamu terkena demensia di usia tua.

Selain itu, permainan yang mengasah otak dapat melatih keterampilan kognitif pada otak yang bisa dilakukan dengan memainkan permainan, seperti teka-teki silang, rubik, dan hal lainnya. Meski terkesan sederhana, namun sebuah studi menyatakan bahwa bermain permainan yang mengasah otak selama 15 menit dapat membuat memori jangka pendek dan konsentrasi meningkat secara signifikan. Tidak hanya itu, permainan asah otak juga terbukti dapat membantu mengurangi risiko demensia pada orang yang berusia tua.

Hal penting lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan istirahat cukup seperti tidur yang cukup juga memiliki peran penting dalam kesehatan otak, terutama dalam konsolidasi memori, atau proses di mana ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi ingatan yang tahan lama. Selain itu, terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa kekurangan tidur bisa berdampak negatif pada memori otak.

Foto : linetoday.com

Kemudian jangan mengonsumsi terlalu banyak gula yang diketahui banyak memunculkan banyak masalah pada kesehatan, seperti penyakit kronis dan penurunan kognitif. Hal ini didasari atas sebuah penelitian yang menyatakan bahwa asupan manis yang lebih tinggi dapat membuat volume otak menurun sekaligus membuat daya ingat menjadi lebih buruk. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi gula dapat dipercaya membantu meningkatkan kesehatan, serta daya ingat pada otak.

5 hal tersebut dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, selain dapat meningkatkan daya ingat juga dapat memberi kesehatan dan kesegaran otak kita. Dengan rajin melakukan hal tersebut, kita tidak membutuhkan obat-obatan yang bisa meningktkan daya ingat yang mungkin saja dapat menimbulkan ketergantungan yang berkepanjangan.

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting karena untuk melakukan banyak hal seperti aktifitas sehari-hari di kantor, kumpul bersama teman dan berwisata bersama keluarga membutuhkan tenaga dan kesehatan fisik agar semua dapat dilakukan dengan menyenangkan tanpa gangguan kelelahan atau masalah kesehatan lainnya. (Indah)