EconomicReview-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) meraih penghargaan CORPORATE OF THE YEAR – 2020 dan 2nd.The Best Corporate Secretary & Corporate Communication 2020 untuk Category: Public Company- Bank-State Owned Enterprise- Sector- BUKU IV dalam penghargaan Indonesia Corporate Secretary & Corporate Communication Award (ICCA)-V-2020.

BNI dinilai terus meningkatkan komunikasi yang transaparan perusahaan dan meningkatkan kinerja untuk memberikan kontribusi bagi Indonesia. Berkat keunggulan Divisi Komunikasi Perusahaan dan Kesekretariatan BNI terutama telah mampu mewujudkan komunikasi perusahaan yang cepat dan transparan, terutama kepada pemangku kepentingan di dunia pasar modal dan investasi.

Penyampaikan informasi tersebut bukan hanya mematuhi tenggat waktu yang ditetapkan otoritas bursa dan otoritas pasar modal, tetapi penyampaian laporan keuangan kuartalan BNI tidak lebih dari 29 hari sejak akhir periode pembukuan.

BNI mencatat kinerja kredit pada tahun 2019 tidak terlepas dari ketangguhan bisnis internasionalnya yang dijalankan oleh kantor-kantor BNI cabang luar negeri.

Corporate Secretary BNI, menyampaikan bisnis Penyaluran Kredit atau pelayanan digital yang membuahkan Fee Based Income (FBI) yang dihimpun kantor-kantor BNI cabang luar negeri, sama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap bisnis BNI secara keseluruhan.

Bisnis internasional BNI menyumbangkan penyaluran kredit yang tumbuh menjadi Rp41,65 triliun, plus setoran FBI yang menyumbangkan 27,4% dari total non interest income BNI.

Bisnis internasional BNI semakin dapat diandalkan dan menjadi unsur pembeda utama antara BNI dengan bank-bank yang berbasis pada pembiayaan korporat lain di Indonesia. BNI tidak hanya merupakan bank korporat yang melayani nasabah lokal, melainkan juga nasabah lokal yang beranjak menjadi pebisnis global.

Dari seluruh nasabah korporat BNI, sebanyak 15 – 25% di antaranya adalah para pebisnis global. Untuk itu, keberadaan kantor BNI Cabang luar negeri diperlukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi para nasabah BNI yang bermain global. Dengan demikian keberadaan kantor BNI cabang luar negeri adalah To Follow the customer and follow the trade.

Diketahui pada akhir 2019, BNI mencatatkan Total Aset sebesar Rp845,61 triliun atau tumbuh 4,6% yoy dibandingkan akhir 2018 yang mencapai Rp808,57 triliun. Pertumbuhan aset BNI ini jauh melampaui pertumbuhan aset di industri perbankan yang mencapai 5,9% yoy per Oktober 2019.

Kontribusi kelima Anak Usaha terhadap kinerja BNI tumbuh 33,3% secara yoy. Kinerja Anak Usaha berhasil menyumbang 11,6% dari laba yang diperoleh oleh BNI Grup. (Olifia)