Jakarta – Belum lama ini, aplikasi streaming musik sering digunakan dan di unduh oleh pengguna internet, aplikasi yang ini banyak digunakan karena memiliki berbagai jenis lagu dan genre dari berbagai negara di dunia. Pengguna aplikasi streaming musik ini terus meningkat dan memiliki fitur berbayar langganan untuk mendapatkan benefit lebih dari pengguna yang tidak berbayar.

Spotify berhasil menjadi aplikasi streaming musik dengan jumlah pelanggan berbayar terbanyak di dunia, melampaui dari Apple music, Spotify memiliki jumlah pengguna berbayar sebanyak 100 ribu pengguna pada April 2019, yaitu dua kali lebih banyak dari Apple music.

Walaupun Spotify berada di peringkat pertama dan jumlah pengguna Spotify Premium terus bertambah, Spotify masih merugi, pada kuartal pertama di tahun 2019, Spotify rugi sebesar Rp 2,3 Trilun , namun kerugian ini mengecil dibandingkan dengan kerugian di kuartal pertama 2018 yaitu Rp 2,8 Triliun.

Laporan keuangan Spotify menunjukkan bahwa 75% dari pendapatan,  harus dibayarkan untuk royalti label, biaya infrastruktur dan lainnya, dan 25% sisa dari pendapatan tersebut masih harus membayar biaya operasional, biaya modal serta pajak. Nominal ini kian bertambah dengan seiringnya bertambah nya pengguna.