Economic Review-Demi kemudahan dan kenyamanan Person In Charge (PIC) Badan Usaha dalam memproses kepesertaan JKN dari pekerjanya, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur melaksanakan sosialisasi dan edukasi terkait aplikasi New e-Dabu (Elektronik Data Badan Usaha) atau biasa disebut e-Dabu Class. Sosialisasi yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Oktober 2018 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur ini diselenggarakan dalam 2 sesi sosialisasi, yaitu sesi pagi dan sesi siang.

Dalam aplikasi New e-Dabu sendiri terdapat banyak kelebihan yang bisa digunakan oleh PIC Badan Usaha, yaitu pendaftaran peserta, perubahan data, penambahan anggota keluarga atau keluarga tambahan, penonaktifan peserta, perpindahan peserta dari Badan Usaha yang lama ke Badan Usaha yang baru, perubahan gaji, pendaftaran bayi baru lahir, pemindahan FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), dan masih banyak lagi. Selain kemudahan tersebut, melalui aplikasi New e-Dabu PIC Badan Usaha juga dapat melakukan pengecekan tagihan iuran Badan Usaha dan melihat daftar peserta Badan Usaha maupun daftar fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan diseluruh Indonesia.

“Dengan hadirnya aplikasi New e-Dabu, membuat waktu pelaporan karyawan menjadi lebih singkat sehingga PIC Badan Usaha tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cabang yang menghabiskan banyak waktu untuk mengurusnya” ucap Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Tenny Romandia.

Dirinya menambahkan bahwa dengan adanya e-Dabu Class ini diharapkan para PIC Badan Usaha dapat lebih memahami mengenai implementasi aplikasi New e-Dabu sehingga tidak hanya memudahkan dirinya bekerja namun juga memudahkan pekerjanya untuk mengakses pelayanan kepesertaan JKN.

Sosialisasi yang dihadiri oleh total 27 Badan Usaha diwilayah Kota Administrasi Jakarta Timur ini juga melakukan pengunduhan aplikasi Mobile JKN yang juga menjadi salah satu inovasi dari BPJS Kesehatan dalam hal teknologi informasi. Dengan aplikasi Mobile JKNpara pekerja yang terdaftar sebagai Peserta Penerima Upah atau lebih disingkat PPU, juga dapat memantau kepesertaannya sendiri setiap saat dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang. Melalui aplikasi New e-Dabu dan Mobile JKN membuat semua ada dalam genggaman.