Economic Review-Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan serangkaian kegiatan antara lain yaitu Senam Kebugaran dan Sepeda Santai pada hari Minggu tanggal 25 November 2018 bertempat di Anjungan DKI Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Peringatan HKN ke 54 ini dibuka langsung oleh Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur, Iwan Kurniawan.

Iwan Kurniawan mengatakan acara peringatan HKN ke 54 kali ini mengangkat tema “Aku Cinta Sehat” dan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita”. “Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga. Mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,”ujarnya.
Dia menambahkan, sebelum mengajak masyarakat menjalankan pola hidup sehat, para petugas dinas kesehatan harus lebih mencontohkannya melalui hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari sering jalan kaki, lari, aktif berolahraga, dan mengonsumsi sayur dan buah.

Pemeriksaan Cek Gula Darah dan Tensi Gratis

Dan sebagai bagian dari lembaga pemerintah diwilayah Kota Administrasi Jakarta Timur dan sebagai peran serta BPJS Kesehatan dalam mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), BPJS Kesehatan turut berpartisipasi dalam kegiatan senam kebugaran dan sepeda santai yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur pada peringatan HKN ke-54 di TMII melalui pemasangan booth pelayanan peserta yang memberikan pelayanan seperti pendaftaran peserta, pengunduhan aplikasi Mobile JKN dan pemberian informasi.

BPJS Kesehatan turut mendukung program GERMAS yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Booth BPJS Kesehataan

“Dalam peringatan HKN ke 54 kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur ikut berpartisipasi mendukung Suku Dinas KesehatanJakarta Timur dalam Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat”, kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Betsy M.O Roeroe.

Turut berpartisipasi juga 20 RSUD, 40 Puskesmas dan 5 RS Swasta & institusi pendidikan yang berada diwilayah Jakarta Timur.