Polemik Antara Melemahnya Rupiah atau Meningkatnya Dollar

Economic Review –   Akhir-akhir ini hangat diperbincangkan hal terkait melemahnya Rupiah karena sangat berpengaruh pada kinerja ekspor Indonesia, ditambah lagi terjadinya perang dagang AS-China karena disadari atau tidak, faktor ini juga ikut mendorong sejumlah Negara tujuan ekspor, seperti India menerapkan proteksionisme berlebihan bea masuk di atas 50 persen untuk produk CPO asal Indonesia.

Melihat hal ini, Forum Warta Pena menggelar talk show berjudul Potensi Ekspor di Tengah Pelemahan Rupiah yang menghadirkan narasumber antara lain Meliadi Sembiring selaku Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Oke Nurwan selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar negeri RI, Wisnu Prabawa Taher selaku Kepala Divisi Program dan Komunitas SKK Migas, Handito Hadi Joewono selaku Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor KADIN, Tofan Mahdi selaku Ketua Bidang Komunikasi GAPKI serta Bhima Yudhistira Adinegara selaku Pengamat Ekonomi Indef.

Tahun depan diperkirakan ekspor bisa mencapai 9,5 persen hingga 10 persen (yoy), di mana ekspor tekstil pakaian jadi ke AS yang masih solid dengan catatan Jan-Sep 2018 tumbuh 29,8 persen, serta terbukanya penjualan produk ke luar negeri, seperti besi baja, barang dari kulit, ekspor makanan dan minuman dan pengolahan tembakau.

Hal senada juga disampaikan oleh Handito yakni salah satu upaya untuk mendrong nilai ekspor dengan memasuki pasar baru ekspor.

Dalam talk show tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada beberapa solusi bagi pemerintah agar dapat meningkatkan nilai ekspor di tengah persoalan global dan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS dengan memberikan pelonggaran setiap pungutan, khususnya ekspor CPO diturunkan menjadi US$ 15-20 per ton, dan memperluas pasar baru seperti Afrika Tengah, Eropa Timur dan Rusia.

Sehingga dengan membuka pasar baru ekspor diharapkan dapat mengakhiri polemik antara pelemahan Rupiah atau meningkatnya Dollar AS tersebut dengan cara melakukan peningkatan daya beli masyarakat.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com