IPC Memodernisasi Teknologi Pelabuhan

Economic Review-PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC), sesuai roadmap hingga 2020, mengejar target untuk menjadi world class port atau pelabuhan berkelas dunia. Untuk mencapai target tersebut, pelabuhan di Indonesia setidaknya harus beroperasi dengan didukung teknologi digital. World class port itu sama dengan digital port.

Direktur Operasi dan Sistem Informasi & Tehnologi PT.Pelindo II/IPC, Prasetiadi mengatakan beroperasi secara digital port ini juga merupakan upaya perusahaan dalam menekan biaya logistik di Tanah Air, oleh karenannya IPC terus mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan melakukan modernisasi infrastruktur dan suprastruktur pelabuhan.

“Karena digital ini menjadi keharusan. Jadi nanti tidak ada lagi misalnya invoice dalam bentuk kertas. Semua digital. Dan beroperasi secara digital port juga berguna untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan operasional perusahaan, upaya ini juga bentuk komitmen IPC mendukung pengembangan eksport nasional,” kata Prasetiadi, ditengan acara Expose Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung, Rabu (15/8).

Ia menambahkan, saat ini, di Tanjungpandan seluruh transaksi baik di gerbang masuk maupun di dalam Pelabuhan Tanjung Priok terjadi secara cashless atau tanpa uang tunai. Hal ini merupakan penerapan solusi yang terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional IPC dalam pengelolaan keuangan perusahaan secara efektif dan efisien.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC terus mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi serta memodernisasi infrastruktur dan suprastruktur pelabuhan, sebagai upaya menekan biaya logistik di Tanah Air.

Selain untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan operasional perusahaan, upaya ini juga sebagai bentuk komitmen IPC dalam mendukung pengembangan ekspor nasional.

PT Pelindo II saat ini mengoperasikan 12 cabang pelabuhan yang tersebar di wilayah bagian barat Indonesia yakni Pelabuhan Tanjung Priok, Sunda Kelapa, Palembang, Pontianak, Teluk Bayur, Banten, Bengkulu, Panjang, Cirebon, Jambi, Pangkal Balam dan Tanjung Pandan.

“Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Tanjungpandan, Belitung, kini sudah berstatus internasional, maka dalam pelabuhan ini telah ada beberapa aturan standar pelabuhan dunia harus sudah diterapkan sejak sekarang. Salah satu tujuan penerapan peraturan itu adalah untuk membentuk pelabuhan tersebut menjadi tertata, memiliki kerapian, dan tertib ketika melakukan aktivitas bongkar muat. Kedepan kita juga akan terus berinovasi untuk mengoptimalkan pelabuhan ini,” tutup Prasetiadi.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com