Inilah CEO BUMN Terbaik Peraih Anugerah BUMN 2018

Economic Review– Untuk ke tujuh kalinya Anugerah BUMN terselenggara, perhelatan akbar yang pemenang diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track diawali berbagai tahap penilaian yang berlangsung cukup ketat. Sebanyak 84 BUMN dari 120 BUMN yang lolos seleksi, berusaha memaparkan pencapaian kinerja dengan antusias dan meyakinkan di hadapan dewan juri.

Kepesertaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN dalam ajang Anugerah BUMN 2018 merupakan salah satu bukti pencapaian kinerja positif yang diraih perusahaan plat merah. Para pimpinan BUMN dan anak perusahaan berlomba tampil unjuk gigi di hadapan dewan juri yang dikenal luas kredibilitasnya.

Dan tahun ini, khusus untuk kategori pemenang CEO diperluas menjadi tiga bagian, yakni BUMN non Tbk, Anak Perusahaan BUMN, BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk. Masing-masing kelompok terdiri atas tujuh kategori berupa Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik, Strategi Pertumbuhan Terbaik, Pengembangan Talenta Terbaik, Transformasi Organisasi Terbaik, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Terbaik, Inovasi Bisnis Terbaik dan Daya Saing Global Terbaik.

Selanjutnya, dipilih pula pemenang CEO terbaik yang dibagi atas kategori Visioner, Strategic Orientetion, Driving Excecution dan Talet Development.

Ketua Dewan Juri Tanri Abeng mengatakan, esensi dari pemilihan The Best CEO adalah bahwa seorang CEO BUMN harus mempunyai visi yang jelas, mampu mengatur strategi untuk mencapainya, kemudian berkomitmen untuk segera di eksekusi oleh talent atau SDM yang mumpuni. “Keempat hal tersebut menjadi alur yang harus dimiliki oleh para pemimpin organisasi. Hal ini penting agar menjadi bagian dari sistem pengelolaan organisasi oleh pucuk pimpinan BUMN,” ungkap Tanri Abeng pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, Kamis (9/8).

Pada kategori CEO BUMN Terbaik, Budi Gunadi Sadikin yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Inalum dinobatkan sebagai pemenang kategori Visioner. Selanjutnya, pemenang CEO BUMN kategori Strategic Orientation diraih oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, CEO BUMN Kategori Driving Execution diraih Bambang Eka Cahyana sang nahkoda PT Pelindo I (Persero), sedangkan penilaian CEO terbaik kategori Talent Development jatuh ke tangan Sunarso Direktur Utama PT Pegadaian (Persero).

Budi Gunadi beserta peraih The Best CEO lainnya diniliai menggambarkan pemimpin yang mampu memperkuat kinerja korporasi melalui keahlian leadership yang tinggi. Mereka mampu mengelola SDM yang kompetitif dan berdaya saing di kancah regional maupun global, sekaligus mendorong pencapaian kinerja keuangan yang unggul dalam situasi ekonomi yang dinamis.

Pimpinan Umum BUMN Track Ahmed Kurnia mengatakan, menyimak penjelasan langsung dari para CEO membuat pikiran buruk tentang BUMN akibat akumulasi pemberitaan negatif di media massa dan media sosial tidak sepenuhnya benar. “Kita optimis para BUMN dapat mempertahankan prestasinya secara konsisten dan terukur. Kinerja mereka, khususnya BUMN Karya, tetap menjanjikan,” tegas Ahmed Kurnia pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, Kamis (9/8).

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com