Gelar IPO, PT Madusari Murni Indah Tbk. Tawarkan 20% Saham Baru

Economic Review-PT Madusari Murni Indah Tbk (“Perseroan”) menyelenggarakan Paparan Publik dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham PT Madusari Murni Indah Tbk. tahun 2018 sebanyak-banyaknya sejumlah 495.946.000 saham baru, atau sebanyak-banyaknya 20% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham.

Dalam paparannya, Direktur Utama PT Madusari Murni Indah Tbk Arief Goenadibrata, menjelaskan bahwa dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham tersebut, setelah dikurangi biaya-biaya Emisi, yakni sekitar 94,45% akan digunakan Perseroan untuk meningkatkan kapasitas produksi Entitas Anak dengan membangun pabrik serta membeli beberapa mesin baru. “Nanti sisanya akan disalurkan “Perseroan” kepada Entitas Anak untuk pembangunan fasilitas distribusi berupa gudang di daerah Jawa Timur,” kata Arief.

Adapun masa Penawaran Awal (Book Building) sehubungan dengan Penawaran Umum Perdana Saham ini dimulai tanggal 06-09 Agustus 2018. Perkiraan Masa Penawaran Umum tanggal 23-27 Agustus 2018 sedangkan pencatatan di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada tanggal 30 Agustus 2018. Dan dalam aksi korporasinya Perseroan menunjuk PT Sucor Sekuritas. sebagai Penjamin Pelaksana Emisi. Sedangkan Profesi Penunjang Pasar Modal adalah Konsultan Hukum Hiswara Bunjamin dan Tandjung, Kantor Akuntan Publik Gani Sigiro dan Handayani (Grant Thornton), Notaris Kantor Notaris Liestani Wang S.H.,M.Kn, dan Biro Administrasi Efek PT Adimitra Jasa Korpora

Dalam sambutannya Komisaris PT Madusari Murni Indah Tbk. Indra Winarno mengatakan seiring dengan berkembangnya perusahaan, melihat jalan satu-satunya untuk maju adalah dengan menjadikan PT Madusari Murni Indah Tbk. perusahaan publik yang digawangi oleh tenaga profesional independen.  “Melalui Initial Public Offering yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2018, kami berharap dan percaya bahwa PT Madusari Murni Indah Tbk. dapat memenuhi harapan untuk menjadi lebih profesional sehingga pada akhirnya bisa memberikan sumbangsih kepada negara sekaligus memberikan keuntungan yang berkesinambungan,” haap Indra.

PT Madusari Murni Indah atau Molindo Incorporated, adalah perusahaan holding yang menaungi PT Molindo Raya Industrial sebagai pabrik Ethanol, PT Molindo Inti Gas sebagai pabrik CO2 dan PT Sumber Kita Indah sebagai perusahaan trading dan distribusi. Dalam perkembangan bisnisnya Madusari dikemudian hari mengakuisisi Molindo yang juga merupakan produsen ethanol pesaing saat itu. Group perusahaan ini kemudian berkembang dan melahirkan PT Molindo Raya Industrial sebagai pabrik produsen ethanol dengan kapasitas produksi 80.000 KL per tahun dan juga PT Molindo Inti Gas sebagai pabrik produksi gas CO2 dengan kapasitas produksi 15.360 ton per tahun.

Untuk memasarkan dan mendistribusikan produk-produknya, PT Madusari Murni Indah kemudian mendirikan PT Sumber Kita Indah sebagai perusahaan trading dan distribusi yang mana telah sukses mendistribusikan produk Molindo Ethanol dan Molindo CO2, dan meraih pengakuan di pasar ekspor Asia Pasifik hingga ke Australia, Eropa dan seluruh penjuru lainnya. Grup korporasi Molindo saat ini mempunyai market share ethanol sekitar 55% dari pasar ethanol nasional.

Sebagai bentuk komitmen PT Madusari Murni Indah Tbk. untuk memenuhi kebutuhan etanol, telah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik etanol yang ke 2 di Lampung yang telah diresmikan oleh Menteri Perindustrian RI yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Achmad Sigit Dwiwahjono, pada tanggal 25 Juli 2018 yang lalu. Hal ini tentunya akan menambah daya saing MRI di pasar regional sekaligus mendukung program ekspor dari Indonesia.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com