BPJS Kesehatan Gelar Senam Sehat & Sosialisasi Mobile JKN

Economic Review-Dalam upaya mengoptimalkan program promotif dan preventif, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur bersama Kementerian Agama Jakarta Timur menyelenggarakan “Kegiatan Aktifitas Fisik bersama BPJS Kesehatan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Juli 2018 bertempat dihalaman Kantor Kementerian Agama Jakarta Timur, Pondok Kopi.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh PNS dan non PNS dilingkungan Kantor Kementerian Agama Jakarta Timur ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kesehatan masyarakat dan mencegah terjadinya penyakit katasropik dikemudian hari. Hal ini selaras dengan Manfaat Jaminan Kesehatan yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Pasal 20 ayat 1, Setiap Peserta berhak memperoleh Manfaat Jaminan Kesehatan yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

”Dengan adanya kegiatan aktivitas fisik bersama BPJS Kesehatan, diharapkan dapat menjadi bagian dari pola hidup sehat peserta JKN-KIS untuk menjaga kualitas hidup sehat. Program aktifitas fisik bersama BPJS Kesehatan ini bertujuan agar para peserta BPJS Kesehatan  membiasakan hidup sehat sebagai tindakan promotif preventif, yang diantara dapat dilakukan dengan berolah raga. Bersamaan dengan kegiatan ini kami juga mensosialisasi mobile JKN. Dimana kami yakini, bahwa kehadiran mobile JKN akan mempermudah peserta untuk mengakses informasi, khususnya tersedia fitur KIS Digital. Yang mana peserta tak perlu lagi kekantor cabang, hanya tinggal menunjukkan aplikasi digital maka akan telayani,” tandas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Rr. Sinom Priyanti.

Adapun isi kegiatan ini terdiri dari aktifitas kegiatan fisik bersama berupa Senam Sehat, sosialisasi tentang Mobile JKN dan pemberian informasi pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Jakarta Timur serta Sosialisasi tentang deteksi kanker serviks, Pemeriksaan Kesehatan (denyut nadi, tensi darah, lingkar pinggang dan indeks massa tubuh), Pemeriksaan Papsmear, Pemeriksaan Kepadatan Tulang dan Pemeriksaan Screening mata untuk penyakit katarak yang dilakukan oleh RS Islam Jakarta Pondok Kopi.

“Kegiatan sosialisasi kesehatan yang dilakukan pada hari ini kami lakukan berkerja sama dengan RS provider dari BPJS Kesehatan. Kali ini kami menggandeng Rumah Sakit Islam Pondok Kopi. Nanti akan ada pemerikasan papsmear dan lainnya. Kegiatan seprti ini BPJS Kesehatan lakukan dalam setahun dua kali di tempat yang berbeda. Adapun targetnya untuk hari ini di kantor Kementrian Agama Jakarta Timur adalah sebanyak 300 peserta. Dan rencanannya yang kedua nanti akan kami selenggarakn bertepatan dengan hari kesehatan nasional,” jelas Rr. Sinom Priyanti.

Ia menambahkan, saat ini kegiatan pemeriksaan dini yang dilakukan oleh peserta makin meningkat. Hal ini menunjukkan sosialisasi pencegaah yang terus digencarkan oleh BPJS Kesehatan berjalan baik, dan telah mencangkup banyak wilayah.  “Kami harapkan apa yang terus kmi sosialisaikan biasa dimanfaatkan oleh seluruh peserta pengguna BPJS Kesehatan. Bahkan oleh seluruh pegawai yang telah ikut dalam kepesertaan BPJS Kesehatan,” harapnya.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Timur telah bekerja sama dengan 191 FKTP yang terdiri atas 86 Puskesmas, 5Dokter Praktik Perorangan, 3 Klinik POLRI, 15 Klinik TNI, serta 82 Klinik Pratama. Sementara itu di tingkat FKTRL, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Timur telah bermitra dengan 44 RS dan Klinik Utama, 24 Apotik, dan 7 Optik.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com