Inilah Perusahaan Terbaik Peraih Penghargaan IHCA IV 2018

Economic Review-Untuk mempersiapkan SDM yang handal perlu dilakukan reformasi investasi SDM yang melibatkan perubahan dalam sistem pendidikan dan pelatihan kerja. Inilah 65 Perusahaan terbaik di Indonesia yang mampu mengelola Sumber Daya Manusia menjadi lebih efektif dan optimal, sehingga dapat menunjang keberhasilan perusahaan.                                                                                                       

Perkembangan teknologi yang demikian cepat dan pesat begitu mempengaruhi dunia bisnis saat ini. Di samping itu, tahun 2025-2035 Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi, di mana jumlah kelompok usia produktif lebih tinggi daripada jumlah orang tua dan anak-anak. Hal ini membuat peranan Human Capital (HC) untuk dapat menarik dan mempertahankan talenta terbaik menjadi lebih penting daripada sebelumnya.

Oleh karena itu, HC memilih memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan fungsinya. Yaitu dengan cara mengkolaborasikan antara ilmu HC dengan teknologi. Dengan ini , Economic Review kembali mengambil prakarsa untuk menyediakan sarana pembelajaran praktisi ( Best Practice) dan organisasi HC.

Setelah sukses dengan penyelenggaraan Indonesia Human Capital Award (IHCA-IV-2018) tahun lalu, Economic Review kembali menggelar acara IHCA ditahun 2018, acara yang terselenggara bekerja sama dengan IPMI International Business School, NBO Group, Thomas International, Indonesia Asia Institute serta Ideku Group merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan di Indonesia dengan tujuan mendorong praktik pengembangan Sumber Daya Manusia guna meningkatkan Human Capital Index secara global.

Penghargaan Indonesia Human Capital IV- 2018 diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja RI yang pada  hari Rabu, 30 Mei 2018, bertempat di Ruang Tridharma – Gedung A – Lt. 2, Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jakarta Selatan. Dengan mengusung tema Gerakan SDM Indonesia Kompeten 2019 (Preparing Indonesia Human Capital Management in Digital and Disruptive Era). Penyelenggaraan kali ini dimulai dengan pelaksanaan diskusi panel dengan pembicara para direktur terkemuka terbaik dalam pengelolaan SDM.

“HC dan teknologi harus lebih bersinergi, agar pengelolaan Sumber Daya Manusia menjadi lebih efektif dan optimal, sehingga dapat menunjang keberhasilan perusahaan. Informasi mengenai pentingnya penguasaan digital dan bagaimana HC harus mengubah paradigma dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia di lingkungan yang baru. Termasuk cara menentukan jenis kepemimpinan yang dibutuhkan dan bagaimana HC mempersiapkan pemimpin masa depannya.,” ujar Pendiri sekaligus Direktur Utama Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM.

Nana menambahkan apabila tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi maka perusahaan akan tergilas pada arus perubahan itu sendiri. Dengan adanya hal ini, eksistensi pelatihan dan pengembangan SDM harus diutamakan untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kinerja, dan mengembangkan kompetensi karyawan yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

IHCA adalah kompetisi terbuka yang dapat diikuti dan para Penerima IHCA II- 2016 adalah Perusahaan BUMN Tbk, BUMN Non Tbk, Anak Perusahaan BUMN, Swasta Tbk, Swasta Non Tbk, yang telah melalui beberapa seleksi penjurian yang dilakukan secara tatap muka dengan mengisi questioner, melakukan presentasi dan wawancara langsung dengan seluruh juri. Tim Juri juga menilai dari beberapa point utama seperti:

  1. Company Profile & Organization Structure
  2. Business Achievement
  3. Human Capital Architecture ( Framework/ Model)
  4. Human Capital Strategy
  5. Recruitment Strategy and HR Planning
  6. Learning and Development
  7. Performance and Development
  8. Human Resources Technology
  9. Employee Engagement
  10. Industrial Relations

Dimana 10 Aspek Bidang Penilaian Penjurian tersebut adalah untuk mendorong praktik Human Capital terbaik di masing- masing industri yang memandang SDM dari sisi Human Activity System dan Dynamic Sistim. Melalui penyelenggaraan IHCA ini Economic Review ingin berkontribusi dengan meningkatkan SDM dalam kegiatan bisnis sebagai pemosisi strategis.

Penyelenggaraan IHCA juga ditujukan untuk mempertemukan gagasan para Best Practice Human Capital Organization dari perusahaan- perusahaan terkemuka yang fokus terhadap pengembangan SDM nya lewat Strategic Human Capital. Para penerima penghargaan ini merupakan perusahaan-perusahaan yang telah mampu meningkatkan daya saing dan daya pikat Human Capital nya sebagai Leverage Performance organisasi di bidang Strategic Human Capital Development, Recruitment dan Talent Management, People Development, Performance Management dan Technology Proponent Regional ASEAN.

“Menghadapi tantangan fenomena disruption di era teknologi digital seperti sekarang ini, peran praktisi SDM sangat penting. Penting untuk selalu siap menghadapi perubahan dan terus berinovasi, menggantikan teknologi lama dengan teknologi digital yang menghasilkan hal baru yang lebih efisien dan bermanfaat,” terang Ketua Dewan Juri IHCA IV 2018 Dr.Ir.Yunus Triyonggo,MM,CAHRI.

Ia menuturkan, keberadaan praktisi SDM di perusahaan semakin dibutuhkan ketika perusahaan tersebut secara realistis melihat bahwa orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut, mulai dari posisi terbawah hingga para pemimpinnya adalah merupakan aset perusahaan yang sangat perlu dipertahankan dan dikembangkan. Semuanya memiliki potensi dalam bidang pekerjaannya masing-masing dan hal tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup perusahaan.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com