Apps Flyer Lindungi Ad Fraud di Indonesia

Economic Review – AppsFlyer, melindungi ad fraud para pengiklan dari biaya dan kerugian akibat kecurangan instalasi aplikasi mobile.
Dalam percobaan tipe beta dengan beberapa klien terpilih, Protect360 menunjukkan bahwa Device ID Reset Fraud telah menyebar lebih besar dari yang diketahui sebelumnya, yang telah menghabiskan biaya para pengiklan antara 1.1-1.3 miliar dolar AS pada setahun terakhir, dan terhitung lebih dari 50 persen merupakan kecurangan instalasi aplikasi (app install fraud).
Paul Michio McCarthy, Director of Sales, AppsFlyer mengatakan tipe-tipe ad fraud tersebut pernah dialami oleh Facebook, Twitter dan sebagainya.
Di Indonesia sendiri bisa mendeteksi sebuah ad fraud melalui aplikasi antivirus yang tersedia di smartphone seperti 360 security. Skala ad fraud di Indonesia sendiri sebesar 12.7% untuk instal apps dan 65 – 70 million kerugian yang terjadi di Indonesia.
“Dampak yang terjadi di industri digital Indonesia disebabkan oleh kebutuhan masyarakat contohnya masyarakat yang membuka aplikasi gojek untuk kebutuhan transportasi sehari-hari, dan contoh lain seperti Facebook yang digunakan untuk mencari informasi berita dan iklan-iklan yang membuat kita ingin membuka atau mengklik link tersebut yang ada di facebook”, ujar Paul.
Appsflyer menyebut bahwa kecurangan iklan (ad fraud) yang dipasang di aplikasi perangkat mobile telah menyebabkan kerugian hingga miliaran rupiah.
Berdasarkan catatan Appsflyer selama 2017, total kerugian dari aksi ad fraud ini mencapai US$65-70juta atau setara Rp878-945 miliar. Data itu didapat dari 200-300 kliennya di Indonesia. “Itu hanya angka dari klien kami, jadi bisa dibayangkan berapa besarnya untuk seluruh Indonesia,” ujar Paul saat wawancara eksklusif dengan economicreviewnews.com.
Beberapa bentuk iklan mobile ini adalah iklan click-to-download (iklan diklik untuk mengunduh aplikasi) atau iklan visual berupa gambar atau video seperti yang sering terlihat di desktop. Klik palsu ini yang digunakan penjahat siber untuk mengelabui pengiklan. Vinolla

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com