BNI Dukung Kesejahteraan Petani Melalui RegoPantes

Economic Review-PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), atau Bank BNI, bekerjasama dengan PT 8Villages meluncurkan sebuah platform bernama RegoPantes yang dapat menghubungkan antara petani dengan konsumen berbagai produk pertanian secara langsung. Peluncuran platform RegoPantes ini merupakan kelanjutan kerjasama BNI dengan PT 8Villages yang sebelumnya telah merilis aplikasi Petani46 untuk membantu petani dalam memperoleh informasi pertanian maupun pengajuan pembiayaan.

“Platform ini berupa layanan e-Commerce yang dapat menjembatani transaksi langsung antara petani dengan konsumen terakhir di Jabodetabek,” ujar Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Kecil Jaringan Bank BNI, di Jakarta, Senin (23/10/2017).

RegoPantes adalah perdagangan online yang memungkinkan petani menjual hasil panen secara langsung ke konsumen dengan harga pantas, tanpa adanya perantara yang selalu membeli produk-produk pertanian dengan harga murah dari petani.

COO RegoPantes, Wim Prihanto

Selama ini lanjut Catur, para petani selalu menjual hasil pertaniannya dengan harga murah kepada para perantara/tengkulak. Kemudian, mereka menjualnya kembali ke konsumen dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasar tradisional. “Melihat hal ini, BNI siap mendukung petani agar lebih sejahtera dalam bentuk kemudahan bertransaksi bagi konsumen RegoPantes melalui payment gateway BNI seperti virtual account, transfer online dan sebagainya,” papar Catur.

Catur juga menjelaskan, BNI kini telah menyalurkan KUR Tani untuk modal pengelolaan lahan. Selain itu, petani juga mendapatkan Kartu Tani BNI untuk memperoleh subsidi pupuk, asuransi jika gagal panen, e-wallet pencairan KUR dan sebagainya. “Jadi, melalui e-Commerce ini, petani diajak untuk merancang pengolahan lahannya agar dapat memproduksi hasil-hasil pertanian yang lebih baik dan dapat dipasarkan langsung kepada konsumen dengan harga yang pantas,” tukas Catur.

Sementara itu, Wim Prihanto, COO PT 8Villages & Founder RegoPantes, berpendapat, melalui sinergi antara RegoPantes dengan BNI ini, para petani Indonesia diharapkan dapat semakin sejahtera sesuai dengan program yang digagas pemerintah. “Sinergi tersebut dimungkinkan muncul melalui KUR Tani dan Kartu Tani untuk pembiayaan pengolahan lahan petani serta pemanfaatkan RegoPantes untuk sarana penjualan hasil pertanian,” pungkas Wim.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com