MYDIO Sing 100% Usung Musik Indonesia

Economic Review-Dengan mengusung komitmen musik Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, #MusikBagus dan Bumi Entertainment, pemain di industri musik Tanah Air, resmi meluncurkan platform aplikasi Mydio Sing bekerjasama dengan perusahaan teknologi Mydiowork Technology. MYDIO Sing dipandang sebagai inovasi pertama dunia yang lahir dari Indonesia sebagai layanan digital musik berbasis video karaoke dengan musik dan video musik orisinil yang bersenyawa penuh dengan kepentingan dan kebutuhan semua penikmat musik dan pelaku musik dengan menjunjung tinggi kolaborasi dan transparansi.

“Aplikasi Mydio Sing memiliki berbagai fitur keunggulan seperti Karafie dan Karaclip yang memfasilitasi musik dan digital experience. Baik bagi pengguna aplilasi lintas generasi dan wilayah untuk menikmati karya cipta musisi Indonesia secara legal. Kami optimis bisa mematok konsentrasi dengan cepat ke pasar Asia Pasifk,” kata pendiri Mydio Technology Indra M Putra saat peluncuran Mydio Sing di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, (5/10).

Ditambahkan Indra, MYDIO Sing diciptakan di Indonesia oleh orang Indonesia yang sangat memahami pasar musik dan perilaku musik di Asia Pasifik. Kemitraan ini merupakan salah satu strategi bisnisnya di Indonesia untuk menggalang kekuatan dinamis dengan sebanyak mungkin mitra yang memiliki komitmen dan visi yang sama, khususnya terkait pengembangan industri musik di Indonesia.

Saat ini metode untuk menikmati musik sudah sangat berbeda dari yang lalu. Kemajuan teknologi mempengaruhi perkembangan dan industri musik. Oleh karenannya Mydio Sing diklaim  sebagai salah satu bentuk inovasi musik digital. ”Model bisnis musik berubah, mau enggak mau kita harus berjuang. Perubahan pasar musik yang bergeser cepat dari dunia fisik ke digital juga harus kita sikapi dengan cepat salah satunya dengan membuat terobosan baru dalam industri musik, khususnya untuk masyarakat luas dengan meluncurkan MYDIO Sing ini,” katanya, dalam perluncuran hadir pula Triawan Munaf selaku Pimpinan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan sederet Musisi kenamaan tanah air seperti Penyanyi dan pencipta lagu sekaligus Direktur #MusikBagus Glenn Fredly dan Titiek Puspa.

Ditambahkan CEO #MusikBagus Aldo Sianturi, Mydio Sing adalah aplikasi yang diciptakan oleh orang Indonesia, yang memahami pasar musik dan perilaku musik di Asia Pasifik. Ada lima pilar unggulan yang ada di sini, mulai dari 100% Indonesia, Musicpreneurship, Artist Network, Music Export, dan Millennias.

“Mydio Sing sebagai inovasi pertama di dunia yang lahir dari Indonesia sebagai layanan digital musik berbasis video karaoke dengan musik dan video musik orisinil. “Dengan positioning “Sahabat Musisi”, platform aplikasi Mydio Sing membidik kalangan milenial yang sehari-harinya tidak bisa dipisahkan dari music. Apalagi saat ini jumlah pengguna handphone mencapai 65 juta, tahun depan diperkirakan mencapai 100 juta dan nantinya akan terus meningkat. Dari sisi traffic, musik akan menjadi pilihan teratas selain berita (news),” kata Aldo Sianturi.

Platform aplikasi MYDIO Sing akan menghadirkan musik-musik dari seluruh daerah di Indonesia. Kemitraan strategis yang akan dijalin terkait tiga hal, yakni kurasi konten, pendistribusian konten, dan monetisasi konten. Melalui aplikasi ini, para musisi di daerah dapat kesempatan mempromosikan karya musik mereka. Yang lebih penting lagi, kata Aldo, kemitraan strategis ini dapat memberi dampak dan kontribusi positif, tidak hanya bagi ketiga pihak, tapi juga bagi perkembangan industri musik Indonesia di masa mendatang. Terutama bagi musisi dari daerah manapun, khususnya Kota Ambon yang telah ditetapkan sebagai City of Music.

“Potensi bisnis ini nilainya mencapai miliaran rupiah. Pada peluncuran awal, diakui Aldo, belum semua lagu karya musisi Indonesia tercover dalam aplikasi ini. Saat ini jumlah lagu yang ada di Musik Bagus masih dalam kisaran ratusan lagu dan video. Ke depan, kontennya akan terus ditingkatkan. Target kami, Mydio Sing memuat jutaan konten lagu dan video. Aplikasi dapat diakses oleh hampir semua lapisan masyarakat dengan menggunakan ponsel Android, IOS, maupun Blackberry market,” ujarnya lagi. Bagi musisi, ada benefit finansial yang didapat, yakni setiap lagu dan video karyanya yang diunduh (secara streaming) oleh konsumen, mereka akan memperoleh fee Rp500/unduh.

Selain millennial, imbuhnya, Mydio Sing juga menyasar orang-orang Indoensia yang ada di luar negeri (diaspora). Pasalnya, Mydio Sing mengcover wilayah Asia Pasifik. “Mydio Sing dapat memberi pengalaman baru bagu generasi milenial. Setidaknya dapat memenuhi kebutuhan mereka terhadap lagu-lagu Indonesia dengan konten yang benar-benar original,” papar Aldo.

Mydio Sing dapat dinikmati di smartphone dan smart TV serta diunduh di aplikasi IOS dan Android. Konsumen pada peluncuran awal ini dapat mengunduh 5 konten lagu tanpa dikenai biaya, namun setelah itu akan dikenakan biaya bagi konsumen yang akan berlangganan. Biaya disesuaikan dengan durasi, mulai durasi 7 hari dengan tarif Rp7 ribu, sebulan Rp15 ribu, dan berlangganan selama 3 bulan dengan tarif Rp35 ribu.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com