Aplikasi Mobile JKN Permudah Peserta BPJS Kesehatan

Economic Review-Sebagai upaya menunjang layanan kesehatan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, mengembangkan sebuah aplikasi mobile berbasis Android dan Ios, yaitu JKN-Mobile. Melalui aplikasi ini, peserta tidak dipusingkan dengan kebutuhan-kebutuhan yang menyangkut data informasi. Sehingga bisa langsung mengubah identitas, dan fasilitas kesehatan di aplikasi mobile JKN tanpa harus ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Asisten Deputi Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik Wilayah Jabodetabek, Basuki mengungkapkan, aplikasi tersebut memberikan kemudahan mengakses data informasi peserta JKN-KIS.  Selain itu mobile JKN sebagai salah satu upaya untuk mengejar target Universal Health Coverage (UHC) atau seluruh warga negara Indonesia terlayani jaminan kesehatan pada 1 Januari 2019 mendatang. “Peserta dapat mengubah identitas pribadi dan mengganti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tanpa datang ke kantor BPJS Kesehatan melalui fitur Ubah Data Peserta. lewat fitur Kartu Peserta, jika lupa membawa kartu dapat menggantikannya,” katanya.

Dipaparkannya, sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan peserta dalam aplikasi teraebut, antara lain Info JKN yang berisi informasi seputar BPJS Kesehatan mulai dari Pendaftaran, Hak dan Kewajiban, Sanksi, Fasilitas, dan Manfaat. Peserta, yang berfungsi mencari data kepesertaan melalui Nomor Kartu, NIK, atau Nomor Kartu Keluarga. Selanjutnya, lokasi yang memberikan informasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut, kantor BPJS Kesehatan terdekat, fitur ini akan mempermudah Anda dalam mencari dan menampilkan peta lokasi fasilitas kesehatan berdasarkan lokasi anda.

Dalam aplikasi, katanya lagi, ada juga Cek Virtual Account (VA), fitur Pelayanan yang pernah diberikan kepada peserta JKN-KIS, dan Skrining Riwayat Kesehatan mengenai Riwayat Kesehatan dari Risiko Rendah Diabetes hingga Risiko Rendah Jantung. Tak hanya itu, peserta juga bisa mendaftarkan diri sebagai peserta mandiri/PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah) melalui fitur Pendaftaran Peserta. Tidak hanya itu, jika ada keluhan bisa disampaikan keluhan seputar BPJS Kesehatan lewat Pengaduan Keluhan.

“Aplikasi JKN mobile merupakan implementasi pelayanan bagi peseta JKN-KIS dari sisi kemajuan teknologi. Sedangkan, dari perluasan pelayanan pendaftaran, pihaknya telah membuka pendaftaran baik di pusat perbelanjaan, drop box pada kecamatan dan kelurahan di jabodetabek. Teknologi yang masif berdampak juga kepada teknologi penunjang pelayanan kesehatan. Peluncuran aplikasi mobile JKN merupakan bentuk dukungan terhadapat pemerintah yang mengusung program Smart Healty City salah satunya di Kota Depok,”ungkapnya.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Jakarta Selatan, Desfauzi Umar, menambahkan sebelum menggunakan aplikasi Mobile JKN ini peserta harus mendaftarkan diri untuk dapat hak akses dalam fitur-fitur tersebut. “Menggunakan aplikasi mobile JKN sangatlah mudah, hanya perlu ketelitian saat mendaftarkan akun melalui aplikasi ini. Untuk itu segera download aplikasi ini di Google Store/Play Store dan APP Store, untuk mempermudah akses informasi mengenai BPJS Kesehatan,” jelasnya.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com