SHARP Indonesia Raih Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2017

Economic Review-PT SHARP Electronics Indonesia kembali dipercaya untuk membawa pulang penghargaan bergengsi Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives (IBCSI) 2017 yang diusung oleh MIX Marcomm. Sukses menyabet satu penghargaan di tahun 2016, di tahun 2017 SHARP Indonesia semakin memantapkan beberapa program CSR andalannya dengan menyabet tiga kategori berbeda sekaligus diantaranya Best Corporate Social Campaign untuk program Kebun Gizi, Best Employee Volunteering untuk program SHARP Mobile Learning  Station, dan Best Philantrophy untuk program Arisan Plasmacluster. Ketiganya diterima langsung dalam penghargaan yang digelar pada hari Rabu, 30 Agustus 2017.

Kewajiban untuk berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan yang dikemas dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) masih terus dijalankan secara konsisten oleh PT SHARP Electronics Indonesia sejak 48 tahun silam. Selain berfokus pada pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati, pada tahun 2016 SHARP Indonesia menggabungkan keduanya dalam program pemberdayaan masyarakat terutama wanita yang dikelola bersama organisasi nirlaba, Rumah Zakat.

Program pemberdayaan masyarakat ini diberi nama Kebun Gizi SHARP  yang merupakan bentuk kontribusi SHARP Indonesia kepada masyarakat di sekitar pabriknya di kawasan  Karawang International Industrial City (KIIC). Program CSR ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga desa dengan meningkatkan kesadaran dan gaya hidup mereka untuk mengkonsumsi sayuran. Upaya ini diwujudkan dengan membuka lahan sayur dan buah yang dapat ditanami warga Dusun Pejaten RT 04/02, Desar Sirnabaya, Kecamatan Teluk Jambe, Kabupaten Karawang.

Seluruh warga dusun dibekali fasilitas dan pembekalan berupa pembuatan greenhouse serta instalasi NFT (Nutrient Film Technique) sebagai media tanam, penyediaan bibit, hingga pelatihan bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Hingga Februari 2017, Kebun Gizi SHARP telah dinikmati oleh 168 orang penerima manfaat dengan total panen sebanyak 57,5 kg. Tak hanya mampu melestarikan dan mengetahui lebih dalam mengenai tanaman, SHARP Indonesia bersama Rumah Zakat juga mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi hasil tanamnya sendiri. Atas inisiasi ini, SHARP Indonesia meraih penghargaan untuk kategori Best Corporate Social  Campaign 2017 yang khusus ditujukan bagi perusahaan yang mengkampanyekan gerakan sosial.

Herdiana Anita Pisceria, Brand Strategy Group General Manager menuturkan program ini merupakan program berbasis pemberdayaan masyarakat khususnya wanita yang menjadi upaya untuk memenuhi kebutuhan makan sayur  di tengah masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan maupun media lainnya.  Melalui ‘Kebun Gizi’  PT SHARP Electronics Indonesia bersama organisasi nirlaba Rumah Zakat berusaha untuk memenuhi standar gizi masyarakat dengan cara memberdayakan warga desa dengan memanfaatkan sumber daya alam atau potensi setempat.

Dalam bidang pendidikan, SHARP meghadirkan program SHARP Mobile Learning Station. Mobil Belajar Keliling SHARP  telah berkeliling puluhan kota di Indonesia dalam menyampaikan informasi seputar lingkungan dan keanekaragaman hayati kepada siswa dan siswi di Sekolah Dasar terpilih. Pengetahuan ini disampaikan secara langsung oleh karyawan SHARP dari beragam latar belakang berbeda dengan cara yang interaktif dan edukatif melalui praktik langsung mengenai sumber daya energi, pemutaran film, pertunjukan boneka, hingga buku bacaan.

“Program ini pun memberikan kesempatan pada karyawan SHARP untuk untuk menggunakan keahlian dan bakat mereka diluar latar belakang pekerjaan dikantor, diharapkan melalui program ini pesan positif yang ingin disampaikan oleh perusahaan dapat tersampaikan dan dicontohkan  dengan baik melalui karyawannya”, ungkap Pandu Setio, PR CSR & Promotion Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Upaya untuk menggerakan karyawan SHARP agar terlibat dalam program CSR khususnya SHARP Mobile Learning Station ini pun berbuah hasil dengan penganugerahaan Best Employee Volunteering tahun ini.

Selain dua penghargaan tersebut, SHARP Indonesia juga sukses melengkapi juara tahun ini dengan kategori Best Corporate Philantrophy melalui Arisan Sehat Plasmacluster –  kategori yang dipersiapkan oleh MIX Marcomm bagi perusahaan yang berkontribusi dalam bentuk amal (tunai, donasi, maupun hibah). Arisan Sehat Plasmacluster merupakan program yang diusung pada Maret 2016 lalu dengan membawa misi untuk meningkatkan kesehatan di lebih dari 4.000 rumah tangga, panti asuhan, dan Posyandu, yang tersebar di hampir seluruh pelosok Indonesia.

“Berada di antara 103 entries yang terbagi dalam enam kategori di Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, apalagi di tahun 2017 ini prestasi kami kian bertambah dengan memborong tiga penghargaan sekaligus.  Bagi kami penghargaan ini menjadi apresiasi dan motivasi untuk SHARP Indonesia ke depannya agar dapat berbuat lebih baik lagi kepada masyarakat dan lingkungan,” pungkas Herdiana Anita Pisceria.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com