Mudik Nyaman Dengan Layanan Kesehatan Gratis

Economic Review-Posko Mudik BPJS Kesehatan 2017 kembali memberikan layanan kesehatan gratis bagi para pemudik. Selain berelaksasi, pemudik juga dapat pemeriksaan kesehatan oleh dokter dengan prosedur yang lebih mudah.

BPJS Kesehatan berkerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta kembali menghadirkan fasilitas kesehatan untuk mengakomodasi pemudik yang ingin melakukan cek kesehatan atau sekadar relaksasi untuk beristirahat. Posko Mudik BPJS Kesehatan 2017 ini merupakan wujud pengabdian dan kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang melakukan tradisi mudik lebaran. Tak tanggung-tanggung Posko BPJS tersebar di delapan titik di Indonesia, antara lain di Banten, Bandung, Surakarta, Bali, Surabaya, Makassar, Yogyakarta dan Jakarta. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta posko ini hanya ada di Terminal Pulo Gebang.

Deputi Direksi Wilayah Jabodetabek BPJS Kesehatan dr. Mariamah, M.Kes mengatakan kegiatan Posko Mudik ini digelar secara serentak mulai 21 – 24 Juni 2017. Posko Mudik BPJS Kesehatan beroperasi selama 24 jam, dimana di dalamnya terdapat dua tim yang bertugas secara bergantian. “Masing-masing tim tersebut terdiri dari satu petugas BPJS Kesehatan, serta satu dokter dan dua paramedis yang berasal dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Sejumlah ambulance pun sudah disediakan untuk berjaga-jaga apabila ada pemudik yang mengalami kondisi emergency dan harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat”.

Dalam kegiatan tersebut tambahnya, akan terdapat dokter, paramedis, ambulance, dan petugas BPJS Kesehatan yang siap memberikan pelayanan bagi para pemudik yang membutuhkan konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi atau istirahat, pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bilamana sangat diperlukan, serta sosialisasi kepada masyarakat.

Wakil Walikota Jakarta Timur M. Anwar yang turut meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Terpadu Pulogebang, Rabu (21/6) mengatakan, seperti yang telah diketahui bahwa terminal Pulogebang ini adalah terminal terbesar di kawasan Asia Tenggara, dalam terminal ini berbagai fasilitas yang tersedia termasuk didalamnya fasilitas kesehatan yang merupakan bagian terpenting bagi kenyamanan dan keselamatan warga masyarakat yang memanfaatkan sarana transportasi. “Dengan ini saya sangat mengapresiasi langkah BPJS yang telah ikut perduli terhadap para penumpang, khususnya bagi para pemudik ini dengan menggelar Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulogebang dari tanggal 21 hingga 24 Juni 2017 dalam rangka memberikan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman,” katanya.

Prosedur di Permudah Layanan Tetap Handal

Sementara itu Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan R. Maya Amiarny Rusadi mengatakan, berkaca dari antusiasme pemudik terhadap kehadiran posko mudik BPJS Kesehatan tahun-tahun sebelumnya, BPJS Kesehatan pun selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dititik padat pemudik, baik di Terminal, Pelabuhan maupun Bandara. “Seluruh pelayanan dana fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa diperoleh secara gratis. Sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkan keberadaanya,” tandasnya.

Beruntungnya lagi, Prosedur Pelayanan Khusus bagi Peserta yang Mudik Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas). Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan

Kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat ataupun mengunjungi FKTP sementara. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang berstatus aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau dengan menghubungi Care Center BPJS Kesehatan 1500400,” jelasnya R. Maya Amiarny Rusadi.

Dan untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan. Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7 x 24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin – Jumat pukul 07.00 – 20.00 WIB.

“Intinya selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta,” tandas R. Maya Amiarny Rusadi.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com