Pameran Ramadhan IWAPI 2017

Economic Review – Pengusaha wanita yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar Pameran Ramadhan 2017 di Plaza Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, Jl. Jend Gatot Subroto Kav 52-53 Jakarta Selatan.

Acara ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 7 hingga 9 Juni 2017. Selain itu acara ini juga menghadirkan bazaar ramadhan yang berjumlah sekitar kurang lebih 50 stand yang dibagi menjadi dua kategori yakni stand makanan & stand multi produk. Bazaar ini diharapkan dapat mempromosikan  hasil UMKM dengan harga terjangkau kepada masyarakat luas yang datang ke pameran tersebut. Pada penutupan acara tanggal 9 Juni 2017, akan digelar buka puasa bersama.

“Mayoritas pengusaha wanita berskala mikro dan kecil adalah yang bergerak di sektor fesyen, aksesoris, dan olahan makanan. Mereka menyerap banyak tenaga kerja. Bahkan, kami yakin jumlah pengusaha wanita terus bertambah,” ungkap Yantie Airlangga selaku istri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam sambutannya pada acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yantie juga mengatakan, pengusaha wanita memegang peranan penting dalam mendorong perekonomian nasional. Masih menurut Yantie, yang juga merupakan Pembina Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenperin, pengusaha wanita mampu memberikan kontribusi sebanyak 46 persen dalam sektor perekonomian.

Pada tahun 2015 jumlah pengusaha wanita sebanyak 12,7 juta orang, meningkat menjadi 14,3 juta orang pada tahun 2016. Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan pemberdayaan wanita dalam upaya peningkatan dan pemerataan ekonomi di Indonesia.

“Dalam pengembangan industri nasional, kami melihat pemerintah terus berupaya meningkatkan peran sektor industri kecil dan menengah (IKM) sebagai pilar dan penggerak perekonomian nasional,” papar Yantie.

Selain hal tersebut di atas, Yantie juga menilai bahwa IKM memegang peran penting dalam penguatan struktur industri dan utamanya untuk perekonomian nasional. Selain menyerap banyak tenaga kerja, IKM juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan di Indonesia sehingga mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial di masyarakat.

Berdasarkan data (BPJ, Feb, 2017) tercatat, jumlah angkatan kerja penduduk Indonesia saat ini sebanyak 131,55 juta jiwa. Namun tingkat partisipasi angkatan kerja masih didominasi oleh pria dengan jumlah 83,05 juta jiwa, dan wanita sejumlah 55,04 juta jiwa.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Dr. Dewi Motik Pramono, MSc selaku pendiri IWAPI, Ir. Nita Yudi, MBA selaku Ketua Umum IWAPI, Gati Wibawaningsih selaku Dirjen IKM Kemenperin serta Tatyana Sentani Sutara Ketua Bidang Luar Negeri DPP Iwapi.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com