41 Perusahaan Peraih ICSRA-I-2017

Sambutan Pendiri Economic Review Hj. Irlisa R, SSn, MM membuka acara ICSRA 2017 di Balai Kartini, Jakarta (24/2)

Economic Review- Indonesia Corporate Social Responsibility Award (ICSRA) 2017 telah terselenggara dengan menempatkan 41 perusahaan terbaik terkait penerapan CSR di perusahaan. ICSRA merupakan Apresiasi penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Perusahaan yang terbaik di bidang CSR nya di Indonesia baik dalam katagori Tbk maupun Private .

Melalui Penghargaan ini, diharapkan Perusahaan terpacu meningkatkan prestasi dan peran pentingnya dalam implementasi praktek CSR di Perusahaan Indonesia. Dimana sebelumnya telah dilakukan proses penjurian secara obyektif, fair, oleh Dewan Juri Independen yang berkompeten serta independen di bidang CSR. Dalam penilaiannya Perusahaan dikelompokkan bedasarkan BUMN, BUMD, Bank – Persero, BPD, BPR- Syariah, Properti, Konstruksi, Telekomunikasi, Minuman, Farmasi, Tol,  Swasta, BUMN, BUMD, BPD ,BPR.

Keynote Speech Staf Khusus Menteri Sosial RI Prof. M. Mas’ud Said dalam acara ICSRA 2017

Dewasa ini kian banyak perusahaan di Indonesia baik TBK maupun Private  manufacturing maupun service company yang melaksanakan Corporate Social Responsibility sebagai bagian dari kontribusi mereka terhadap masyarakat dan lingkungan. Bahkan CSR adakalanya sudah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan yang tidak lepas dari perencanaan yang cermat serta pemilihan program yang tepat mencapai sasaran.

CSR sendiri sebenarnya memiliki beberapa tingkatan dengan tingkatan tertinggi adalah program-program yang berkelanjutan serta memberi manfaat langsung bagi penerima. Idealnya, suatu program CSR apabila penerima manfaat dapat mandiri secara ekonomi dan sosial bahkan jika program tersebut sudah dihentikan. Meskipun demikian, kegiatan CSR yang masih dalam taraf pemberian donasi atau charity tetap juga harus diapresiasi .

Banyak perusahaan yang sudah mendedikasikan diri untuk menjalankan program CSR sehingga tercipta sustainability serta hubungan yang erat dengan penerima manfaat. Dari sisi pemasaran, tidak jarang brand program CSR sudah amat melekat dengan brand perusahaan secara positif dan hal ini dapat meningkatkan citra positif perusahaan secara keseluruhan.

Pemberian Piagam Cinderamata dari majalah Economic Review oleh Pendiri Economic Review Hj. Irlisa R, SSn, MM kepada Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang diwakili oleh Staf Khusus Menteri Sosial RI Prof. M. Mas’ud Said

Terkait hal ini, Dalam rangka memberikan apreasiasi kepada perusahaan yang menjalankan program CSR  secara baik, Majalah Indonesia-Asia Insitute – Economic Review– Ideku Group, bersama para Dewan Juri memutuskan memberikan Apresiasi Tertinggi kepada 41 perusahaan terbaik di  Indonesia yang memiliki program-program CSR yang bermanfaat dalam jangka panjang bagi penerimanya. Yakni melalui ajang penghargaan “Indonesia Corporate Social Responsibility Award-I_2017 ( ICSRA-I-2017).

“Meskipun penyelenggaran ICSRA 2017 ini untuk kali pertama, namun kami berharap  keteladanan 41 Perusahaan peraih penghargaan ICSRA 2017 ini, dalam melaksanakan CSR dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk terus berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat secara luas. Karena pada dasarnya perusahaan harus menilai apakah program CSR yang dilaksanakannya benar-benar mencapai tujuan serta memberi manfaat. Evaluasi manfaat bisa dilihat dengan memantau sejauh mana penerima program mengalami peningkatan taraf hidup secara finansial maupun sosial. Tentu evaluasi ini harus dilakukan secara kontinyu. Hal ini yang telah dibuktikan oleh beberapa perusahaan peraih penghargaan hari ini, “ujar Ketua Penyelenggara ICSRA 2017 sekaligus Pendiri Indonesia-Asia Institute – Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM.

Proses penjurian untuk ICSRA 2017 ini melibatkan Dewan Juri yang independen dan tidak terkait dengan asosiasi apapun serta bukan bagian dari perusahaan yang sedang dinilai. Oleh karena acara ini baru dilaksanakan sekali oleh majalah Economic Review dan sebetulnya sudah dilakukan penilaian pada tahun 2016, maka penilaian yang dilakukan berdasar kegiatan CSR perusahaan pada tahun 2015-2016. Indikator yang dipakai untuk penilaian adalah Annual Report 2015, Sustainability Report 2015 (jika ada), wawancara serta informasi publik yang bisa diakses melalui internet.

“Secara umum, dewan juri menilai bahwa perusahaan peserta ICSRA telah bersungguh-sungguh menerapkan CSR dan mempunyai beberapa program unggulan. Apabila dilihat secara garis besar, semua perusahaan mempunyai program yang serupa untuk kesehatan dan pendidikan, misalnya kegiatan donor darah, pemberian beasiswa, memberikan penyuluhan kesehatan, memberi sumbangan untuk prasarana sekolah maupun klinik kesehatan dan sebagainya. Beberapa perusahaan sudah mempunyai program yang lebih terfokus dan mengarah pada perbaikan generasi mendatang serta membantu masyarakat lebih sadar akan kesehatan dengan mengajak mereka berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan peduli kesehatan,” Ketua Dewan Juri ICSRA 2017 DR. Ayu Ekasari,SE,MM

Ayu Ekasari,SE,MM, menegaskan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah perlunya perusahaan melibatkan stakeholder tentang program CSR yang akan dilaksanakan, sehingga nantinya program tersebut benar-benar lahir dari kebutuhan stakeholder, misalnya komunitas atau masyarakat tertentu, bukan berasal dari pendapat mereka di dalam perusahaan. Oleh karena itu diperlukan observasi mendalam, bahkan mungkin melakukan focus group dengan perwakilan masyarakat/stakeholder untuk menentukan program CSR.Seiring dengan tekad pemerintah Indonesia untuk mencapai Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) , maka alangkah baiknya jika perusahaan menyelaraskan CSR nya dengan TPB sehingga kontribusi dunia usaha kian nyata . Pilar-pilar dalam TPB yang telah ditetapkan adalah Pilar Pembangunan Sosial, Pembangunan Ekonomi, Pembangunan Lingkungan dan Pembangunan Inklusif dan Cara Pelaksanaan.

“Masing-masing pilar mempunyai tujuan (goals) yang apabila dicermati dapat ‘dimasuki’ oleh perusahaan melalui kegiatan CSR. Beberapa tujuan antara lain penghapusan kemiskinan, energy bersih dan terjangkau, konsumsi dan produksi berkelanjutan, pendidikan berkualitas maupun air bersih dan sanitasi,” tutupnya.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com