BNI Syariah Resmi Kembangkan Hasanah Digital

Economic Review- Pesatnya perkembangan teknologi secara geografis serta bergesernya preferensi masyarakat dalam mengakses layanan keuangan secara digital, menginisiasi BNI Induk meluncurkan terobosan BNI Digital Nation 2017 yakni platform digital bagi nasabah dalam bertransaksi perbankan. Sejalan dengan inovasi tersebut, BNI Syariah sebagai anak perusahaan sangat mendukung digitalisasi perbankan melalui Hasanah Lifestyle Banking dengan memberikan one service Hasanah yang memberikan produk dan layanan sesuai syariah yang dapat diakses melalui aplikasi hasanah mobile di smartphone/gadget.

“Besarnya pengaruh media digital saat ini mendorong BNI Syariah untuk terus berinovasi dengan menjadi bagian gaya hidup Hasanah salah satunya dengan kemudahan transaksi syariah melalui platform digital yang modern sehingga nasabah dapat merasakan pengalaman berHasanah dimanapun dan kapanpun bersama BNI Syariah. Hasanah digital akan memudahkan nasabah dalam mengetahui informasi fitur-fitur layanan dan produk BNI Syariah dimanapun dan kapanpun sehingga nasabah tidak perlu repot ke bank untuk bertransaksi”, tutur Imam T Saptono, Direktur Utama BNI Syariah di Hotel Shangrilla Jakarta.

Dalam kesempatan ini, BNI Syariah akan meluncurkan menampilkan layanan hasanah lifestyle banking application diantaranya produk Wakaf Hasanah (berwakaf secara online), Migrant Mortgage (pembelian rumah untuk TKI), Umrah & Hajj (layanan ibadah lengkap dengan map locator), halal tourism dan hasanah wallet.

Wakaf Hasanah, Wakaf Hasanah digital (wakafhasanah.bnisyariah.co.id) merupakan produk yang diinisiasi oleh BNI Syariah untuk memfasilitasi masyarakat berwakaf. Dana yang terhimpun selanjutnya disalurkan ke proyek-proyek produktif meliputi commercial tower, rumah sakit dan lembaga pendidikan. Saat ini ada lima lembaga pengelola wakaf/nadzir yang telah bekerja sama dengan BNI Syariah. Antara lain, Yayasan Dompet Dhuafa, Yayasan Rumah Zakat, Global Wakaf, Yayasan Pesantren Al-Azhar, dan Badan Wakaf Indonesia. Informasi wakaf Hasanah secara real-time dapat diperoleh para wakif melalui layanan customer care wakaf Hasanah seperti BNI Call Centre 1500046 dan staff customer service yang tersedia di seluruh Kantor Cabang BNI Syariah.

Umroh dan Hajj, Dalam aplikasi ini, nasabah dapat mengetahui informasi pada saat menunaikan ibadah haji dan umroh diantaranya lokasi rumah sakit di Mekkah dan Madinah, tips haji dan umroh, letak ATM di Tanah Suci dan info-info lainnya sehingga memudahkan saat beribadah di Tanah Suci.

Kinerja Bisnis BNIS Tumbuh Positif

Kinerja BNI Syariah tahun 2016 mengalami pertumbuhan positif. Tercatat laba bersih triwulan IV – 2016 sebesar Rp 277.37 Miliar atau meningkat 21.38% dari Desember 2015 sebesar Rp 228.52 Miliar. Dari segi asset BNI Syariah terus mengalami pergerakan positif yakni posisi per Desember 2016 sebesar Rp 28.31 Triliun atau naik 23.01% dari posisi Desember 2015 sebesar Rp 23.01 Triliun. Pertumbuhan asset ini disokong oleh adanya peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 15.36% dengan posisi per Desember 2016 Rp 20.49 Triliun.

Komposisi pencapaian pembiayaan BNI Syariah per Desember 2016 terbagi menjadi empat sektor yakni pembiayaan konsumtif sebesar Rp 10.91 Triliun (53.26%),ritel dan produktif sebesar Rp 8.00 Triliun (39.06%), mikro sebesar Rp 1.20 Triliun (5.88%) dan hasanah card sebesar Rp 367.59 Miliar (1.79%).

Laba positif juga didukung oleh pertumbuhan ekspansi dana pihak ketiga sebesar Rp 24.23 Triliun, tumbuh  25.41% dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar Rp 19.32 Triliun, dengan komposisi rasio dana murah (CASA) sebesar 47,63% dari periode di tahun sebelumnya 46.15%. Dari sisi effisiensi, laba juga disokong oleh penurunan biaya operasional (BOPO) menjadi 87.67% dimana sebelumnya sebesar 89.63%. Kualitas pembiayaan (NPF) tetap terjaga dibawah 3%.

 

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com