Belanda Siapkan 17 Beasiswa Bagi Staf KKP

Economic Review-Beasiswa dari Pemerintah Belanda untuk Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Laut dan Pesisir Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan kompetensi staf KKP.

Pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso Indonesia memberikan beasiswa kepada 17 staf Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan skema StuNed Tailor-Made Training (StuNed-TMT) untuk mengikuti pelatihan Marine Spatial Planning for Marine and Fisheries Policy di University of Twente, Belanda. Training tersebut di atas akan berlangsung selama tiga minggu (09 – 27 Januari 2016), dan akan diselenggarakan sepenuhnya oleh Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation (ITC) University of Twente, Enschede, Belanda.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi staf KKP agar mampu menggabungkan berbagai disiplin keilmuan dalam mengembangkan strategi pengelolaan kelautan dan perikanan secara berkelanjutan, tanpa mengenyampingkan faktor-faktor sosial dan lingkungan dari berbagai segi”, demikian diungkapkan oleh Dr. Ifan Ridlo Suhelmy, Kepala Perencanaan dan Kerjasama P3SDLP Balitbang KP dalam sambutannya.

Ia juga mengungkapkan harapannya agar para peserta nantinya akan memaksimalkan kesempatan ini dan benar-benar memanfaatkan peluang belajar langsung bersama para pakar Belanda yang telah memiliki banyak pengalaman. “Dengan melihat dan belajar langsung, semestinya kita akan dapat menentukan arah pengembangan riset kelautan yang lebih terintegrasi untuk mendukung kebijakan kelautan dan perikanan nasional yang berkesinambungan”, tambahnya saat acara pelepasan peserta (14/12) di Gedung Balitbang KP, Ancol, Jakarta Utara, yang dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Kerjasama P3SDLP Balitbang KP, Dr. Ifan Ridlo Suhelmy, serta Koordinator Tim Beasiswa-Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Tim Beasiswa-Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono, menegaskan bahwa di Belanda riset merupakan ujung tombak berbagai kebijakan yang akan dikeluarkan. Belanda sudah sejak lama mengoptimalkan riset, dimana hasil riset tersebut kemudian dijadikan dasar penetapan kebijakan yang mereka ambil. Dan ITC-UT sebagai salah satu universitas riset di Belanda, merupakan institusi yang tepat sebagai pelaksana training bagi P3SDLP Balitbang Kelautan dan Perikanan dalam proses pengembangan kebijakan kelautan dan perikanan yang berbasis riset.

StuNed, singkatan dari Studeren in Nederland, atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang merupakan bagian dari kebijakan kerjasama pembangunan pemerintah Belanda. Sejak diluncurkan tahun 2000, StuNed sudah memberikan beasiswa bagi sekitar empat ribu warga Indonesia. Nuffic Neso Indonesia adalah organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Belanda. Neso Indonesia adalah perwakilan EP-Nuffic, organisasi Belanda yang menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi.

Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara cuma-cuma mengenai lebih dari 2.100 program studi yang diberikan dalam bahasa Inggris di Belanda. Neso Indonesia juga memprakarsai dan memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda.

 

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com