Bank Jateng Bidik Kredit Perumahan di Kawasan Industri Kendal

 bank-jateng

Economic Review – Presiden Jokowi dan PM Singapura, Lee Hsien Loon, meresmikan Kawasan Industri Kendal (KIK) Park by The Bay, proyek buatan Sembcorp dan PT Jababeka di Kendal, Jawa Tengah, Senin (14/11). Sebagai bank milik pemerintah provinsi, Bank Jateng sudah memastikan akan ikut andil dalam membangun kawasan ini dengan menawarkan pembiayaan kredit kepemilikan rumah (KPR) bagi karyawan KIK, seperti disampaikan Direktur Umum Bank Jateng, Supriyatno, saat menghadiri peresmian.

“Kawasan seluas ini pasti membutuhkan perumahan bagi karyawannya. Kami akan membantu pembiayaan KPR-nya,” kata Supriyatno.

Meski KIK belum menentukan berapa luas wilayah untuk perumahan karyawan, Bank Jateng telah menyiapkan sedikitnya Rp500 miliar untuk pembiayaan KPR di KIK. “Jumlahnya masih bisa ditingkatkan, tergantung seberapa besar kawasan perumahan yang akan dibangun di KIK,” ujarnya.

Selain pembiayaan KPR, Bank Jateng akan membantu pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur oleh subkontraktor. Dituturkan, sudah ada nasabah yang mengambil lahan untuk berinvestasi di KIK.

“Kami juga membantu pembiayaan nontunai karena ini menyangkut proyek besar. Namun, kami akan meminta KIK terkait mengkualifikasi perusahaan yang dapat dibantu modal tambahan usaha,” sebutnya.

Bank Jateng juga tertarik mengembangkan kluster usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di KIK. Produk UMKM di Jawa Tengah memiliki nilai ekspor tinggi sehingga keberadaan kluster UMKM di KIK dianggap sangat potensial untuk percepatan perekonomian masyarakat.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com