IMG-20160519-WA0002Economic ReviewBadan Standardisasi Nasional (BSN), USAid, IAPMO, US Ambassy berkolaborasi dalam mengembangkan sistem plambing di Indonesia, untuk mewujudkan air bersih untuk kesehatan masyarakat

Dalam upaya untuk memastikan air yang dikonsumsi oleh penghuni pemukiman dan gedung benar-benar air yang bersih dan sehat, serta untuk menjamin kesehatan dan pelestarian lingkungan melalui pengembangan dan penerapan sistem plambing pada bangunan gedung di Indonesia, The International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO) melakukan serangkaian kegiatan di Indonesia dengan turut serta secara bersama-sama Pemerintah Indonesia melalui Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Pusat Penilitian dan Pengembangan (Puslitbang) Pemukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

IMG-20160519-WA0000Berkenaan dengan menyambut Hari Plambing Dunia, ditgaskan Kepedulian IAPMO tentang air bersih yang sehat di Indonesia tidak terhenti hanya sampai pada penyusunan Regulasi dalam bentuk SNI 8153:2015 tentang Sistem Plambing Pada Bangunan Gedung saja, tetapi IAPMO secara berkesinambungan melakukan berbagai kegiatan dalam bentuk kepedulian sosial (social responsibility) dengan melakukan penyuluhan-penyuluhan tentang penerapan sistem plambing untuk kesehatan manusia dan juga membuat bangunan gedung yang sesuai dengan SNI 8153:2015 berupa Toilet Umum di Semarang.

“Selain sertifikasi kami juga telah memiliki laboratorium penguji dan tidak ketinggalan melakukan pelatihan-pelatihan bekerja sama dengan pemerintah dan universitas-universitas. IAPMO juga melakukan kegiatan edukasi/pendidikan tentang Sistem Plambing dan penciptaan tenaga kerja-tenaga kerja bidang plambing (PLAMBERS) yang bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia baik di Jakarta, Jogjakarta, Surabaya maupun Bali,” ujar Ken Wijaya, Senior Vice President IAPMO Indonesia di Jakarta, Rabu (18/5).

IMG-20160519-WA0001Selain itu, IAPMO dalam upayanya untuk mendukung kalangan Industri dan Pemerintah Indonesia dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perdagangan bebas, IAPMO mendirikan fasilitas pengujian dan sertifikasi produk-produk plambing seperti kloset, kran, pipa, washtafel, dll di Indonesia agar dapat meningkatkan daya saing produk-pruduk plambing pada khususnya di pasar MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) maupun pasar Internasional lainnya. Sebab peran dan arti standardisasi dan penilaian kesesuaian menjadi semakin penting.

REview POLICY (1)Ketua Badan Standarisasi Nasional (BSN), Prof. Dr. Bambang Prasetya memuji langkah IAPMO yang mendirikan laboratorium penguji. “Hari ini adalah hari plambing dunia. Tahun ini ada perubahan dimana salah satu implementasi pentingnya adalah dengan didirikannya laboratorium penguji oleh IAPMO untuk sertifikasi. Pendirian laboratorium oleh IAPMO memecahkan rekor dari perumusan sampai skema yang terealisasi dalam setahun.,” ujar Bambang.

Sementara itu Dr. Ir. Arief Sabaruddin, CES, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum mengataka sertifikasi ini maka akan membantu mewujudkan air bersih untuk kesehatan masyarakat. “Untuk mencapai masyarakat yang sejahtera maka diperlukan kesehatan, salah satunya adalah dengan sanitasi yang baik,” tambahnya.