Modal Ventura & Startup Indonesia Dirikan AMVESINDO

NH-Kolaborasi Moda VenturaEconomic Review-Perkembangan bisnis startup atau UMKM berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia dalam satu dekade terakhir, begitu pula dengan Pemerintah tengah gencar  mendukung kegiatan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu pilar perekonomian Negara terutama pada segi penyerapan tenaga kerja dan penyumbang devisa Negara disaat industri lain sedang menurun.

Melihat perkembangan tersebut, para pelaku usaha modal ventura dan perusahaan rintisan (startup) membentuk Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (AMVESINDO). Pembentukan asosiasi ini diinisiasi atas kepedulian pelaku perusahaan modal ventura untuk membantu startup agar berkembang.

“Kami dari beberapa perusahaan modal ventura indonesia dan venture capital yang khusus berbisnis di industri tenologi dan rekan-rekan starup, sepakat untuk membangun ekosistem yang baik antara modal ventura dan stratup dengan mendirikan Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (AMVESINDO). Kami melihat satu kecocokan yang sama dengan adanya pendirian asosiasi ini,” kata Jefri Rudyanto Sirait, Ketua Dewan Pengurus AMVESINDO, di Jakarta, Jumat 14 Mei 2016.

Lebih lanjut, Jefri menjelaskan organisasi tersebut bertujuan sebagai wadah untuk memudahkan perusahaan modal ventura melakukan pertukaran informasi. Tidak hanya itu, AMVESINDO juga akan menjadi media komunikasi yang mempertemukan perusahaan ventura dengan startup.

181463216732“Dengan dikumpulkan menjadi satu wadah (perusahaan ventura dan pelaku startup) justru menarik, akan lebih mudah bagi perusahaan ventura untuk memilih pelaku startup. Begitu juga bagi pelaku startup, akan lebih cepat dibanding “berjualan” dari satu perusahaan ventura ke lainnya,” ujar Jefri yang juga merupakan President Director PT Astra Mitra Ventura.

Pembentukan AMVESINDO dihadiri oleh 73 pelaku usaha yang hadir. Adapun 23 di antaranya adalah pelaku ventura, dan sekitar 30-an adalah startup. Diketahui, untuk perusahaan modal ventura yang ikut tergabung dalam Amvesindo adalah terdiri dari PT Astra Mitra Ventura, PT Ventura Giant Asia, PT Celebes Artha Ventura, PT Mandiri Capital Indonesia dan PT Pertamina Dana Ventura.

“Kami akan terus mengajak startup untuk  bergabung. Untuk mengenai modal ventura yang bakal digelontorkan, asosiasi belum sampai pada pembicaraan ‘jatah’ bagi masing-masing startup. Yang masih dilakukan pada saat ini adalah saling tukar informasi antara pelaku ventura dan sang penerima modal venture, yang penting bagaimana agar asosiasi ini terbentuk, dan kita berkumpul dahulu,” kata Jefri.

Co-founder Pinjam.co.id, Teguh Basuki Ariwibowo ditempat yang sama memberikan apresiasinya atas pembentukan AMVESINDO. “AMVESINDO bisa menjadi pusat kolaborasi dalam hal membangun ekositem yang kondusif bagi venture dan startup. Kami mengajak banyak teman-teman startup untuk bergabung, untuk mendapat nilai tambah. Bukan cuma berdiskusi, tetapi benar-benar membangun konkrit kolaborasi,” kata Wakil Ketua III Dewan Pengurus AMVESINDO ini.

Deklarasi pendirian Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (AMVESINDO) yang di hadiri oleh Deputy Komisioner OJK Bpk. Dumoly Pardede pada hari jumat, 13 Mei 2016 di Hotel Mercure Cikini Jakarta, sebagai bukti bahwa asosiasi tersebut dapat menjadi wadah bagi Perusahaan Modal Ventura Nasional, Perusahaan Modal Ventura yang berbasis Teknologi (Venture Capital Technology/VC Tech), Pelaku Usaha Pemula/Start Up dari beberapa sektor kreatif, Start Up berbasis teknologi dan Start Up non technology yang mempunyai kesamaan visi dan misi untuk membangun ekosistim yang kondusif bersama pemerintah dan para stakeholeder untuk masa depan Indonesia yang cemerlang.

You may also like...

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com