CSR Nippon Paint Bangun 100 Rumah Di Batam

SAM_9520-onlineEconomic Review-Melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) bertemakan Colourful Dreams (Impian Warna-Warni) Nippon Paint berkerjasama dengan Habitat for humanity Indonesia, memberikan bantuan membangun 100 rumah dan merenovasi gedung sekolah di Desa Kabil, Batam. Program dilaksanakan mengingat Desa Kabil yang terletak di kecamatan Nongsa, Batam, mayoritas warga desanya masih hidup di bawah garis kemiskinan dan menghuni rumah yang kurang layak.

“Melalui pembangunan 100 rumah dan perbaikan Sekolah Dasar IT Mambaul ‘Ulum, kami menapakkan langkah pertama untuk meninggalkan jejak positif di Desa Kabil. Saya berterima kasih kepada mitra kami, Habitat for Humanity Indonesia dalam proyek ini, sehingga kami dapat memperbaiki kehidupan dan meningkatkan keterampilan warga Kabil maka terciptalah pengaruh positif yang berkelanjutan kepada lebih dari 100 keluarga,” kata Asisten General Manager Nippon Paint Indonesia Thomas Ng.

Dalam program CSR ini warga Kabil juga diberikan pelatihan keterampilan mengecat dan konstruksi dasar. Diharapkan dengan pelatihan tersebut,  dapat memperluas kesempatan bekerja bagi penduduk setempat. Pelatihan diiberikan oleh Nippon Paint dengan mitra bisnis kontraktor, Bapak Tan Hong Kheng yang mengajarkan teknik memplester dan mengecat dinding. Selain itu, penduduk juga diberikan sesi pelatihan Kesehatan dan Kebersihan untuk memperbaiki kondisi kehidupan penduduk desaKabil.

SAM_9564-online1“Tujuan kami membantu warga Kabil untuk mewujudkan perumahan layak dalam lingkungan kehidupan masyarakat yang baik, sehingga keluarga mereka dapat tumbuh dan berkembang. Kami percaya hal ini dapat dilakukan melalui kombinasi peningkatan mutu infrastruktur dan program peningkatan keterampilan, yang pada akhirnya dapat menyediakan kesempatan kepada mereka untuk berkembang dan terbebas dari siklus kemiskinan,” tambah Thomas

Selain konstruksi rumah baru, sekolah di Kabil juga diperbarui dengan pembangunan bangunan tambahan serta perbaikan fasilitas lainnya seperti toilet. Untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik kepada anak-anak, Sekolah Dasar IT Mambaul ‘Ulum akan memiliki 2 ruang kelas baru, toilet baru yang lebihlayak dan pembenahan ulang interior secara keseluruhan seperti plester pada dinding dan lantai yang dilapisi ubin.

Wilayah Desa Kabil terdiri dari 4.557 keluarga, 40% hidup di bawah garis kemiskinan dan tinggal di‘ruli’. ‘Ruli’ tersebut kerap kali dibangun dengan kayu lapis 3 mm yang hanya memiliki tingkat kemanan rendah bagi penghuninya, dan juga memiliki risiko kebakaran yang cukup tinggi. Selain kurangnya sanitasi dasar sebagai masalah utama, area ‘ruli’ ini juga seringkali dibongkar paksa oleh aparat.

“Hal ini tidak boleh berlangsung selamanya. Kita harus berhenti melihat masalah ini hanya sebagai isu perumahan atau gaji minimum. Ini adalah lingkaran setan. Dan kami, Habitat for Humanity serta mitra kami Nippon Paint berupaya untuk mengatasinya. Dengan diskusi kami bersama Nippon Paint, kami setuju bahwa pentingnyapeningkatan keterampilan dan perubahan pola pikir, ini merupakan hal yang berhubungan erat dalam mengatasi kesenjangan sosial selainmerelokasipemukiman kumuh. Nippon Paint juga mengambil langkahkedepan untuk memprakarsai perbaikan sebuah sekolah dasar sehingga 117 murid yang terdaftardapatmenjadi pelopor perubahan bagi masyarakatKabil,” tutur Bapak Hadrianus Edi Handoko, Manajer Cabang Batam dari Habitat for Humanity Indonesia

Untuk mengembangkan kepercayaan diri dan menumbuhkan rasa kepemilikan atas rumah baru, para penduduk terlibat secara langsung dalam pekerjaan proyek plester dan pengecatan rumah baru mereka sendiri. Hal ini akan dilaksanakan setelah mereka mendapatkan pelatihan yang diselenggarakan oleh Nippon Paint dan Habitat for Humanity.

Melalui program Colourful Dreams (Impian Warna-warni), Nippon Paint telah melakukan inisiatif serupa di Sabah, Malaysia dan menyediakan lokakarya peningkatan keterampilan bagi para tukang cat dan guru untuk menghasilkan kesempatan kerja tambahan. Melalui Colourful Dreams Camp (Kemah Impian Warna-warni), anak-anak juga memperoleh manfaat untuk mengekspresikan diri mereka dan belajarsambilbermain melalui seni dan prakarya. Secara keseluruhan, Nippon Paint melibatkan seluruh masyarakat, mulaidari meningkatkan keterampilan wargadesa dan guru, hingga mendidik generasi muda.