IWAPI Gandeng Facebook Asia Luncurkan #SheMeansBusiness

IMG-20160421-WA0054Economic Review-Kementerian Komunikasi dan Informatika bermitra dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Facebook mengembangkan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) yang dikelola oleh perempuan di Indonesia. Hal ini terkait kerja sama untuk mengembangkan usaha para perempuan pengusaha yang tergabung dalam IWAPI dengan meluncurkan program #SheMeansBusiness.

Kerja sama yang diluncurkan di Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta, dan bertepatan dengan peringatinya Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, 21 April 2016 ini di harapkan dapat membantu UKM Perempuan seluruh Indonesia untuk terus belajar wirausaha dan strategi pemasaran. Serta dengan kerjasama ini keterbatasan akses pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) menunuju ranah digital, khususnya UKM yang digerakkan kaum hawa, diharapkan bisa teratasi.

20160421_110356Dikatakan Kepala Inisiatif Pertumbuhan Ekonomi Asia Pasifik Facebook Clair Deevy, melalui kerja sama tersebut nantinya Facebook akan menyediakan halaman khusus bagi para perempuan pengusaha UKM yang tergabung dalam IWAPI untuk mempromosikan berbagai produknya. Untuk itu, pihaknya akan menyediakan pelatihan agar dapat membuat pages di facebook dengan baik. “Tidak hanya itu pelatihan juga bermaterikan pengenalan produk, mempromosikan produk, dan mengenali konsumen. Kita ingin menghubungkan mereka dengan pengetahuan, keahlian, koneksi dan teknologi yang dibutuhkan untuk membuat dan mengembangkan bisnis mereka secara online,” katanya.

Ketua Umum IWAPI Nita Yudi mengatakan, dengan program ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan para perempuan yang pada akhirnya akan berdampak pula pada kesejahteraan keluarga. Ia mengatakan, anggota IWAPI saat ini mencapai 30 ribu lebih perempuan pengusaha yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Sekitar 85 persen di antaranya merupakan pengusaha mikro dan kecil, 13 persen menengah dan sisanya pengusaha besar.

“Adanya kerjasama dengan facebook, kita dapat melihat sisi positif dengan adanya Facebook Page untuk promosi. Dan kita juga memberikan pelatihan serta memberikan pengarahan tentang wirausaha yang baik dan strategi marketing,” kata Nita.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Farida Dwi Cahyarini dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya mendukung upaya penggunaan teknologi dan informatika untuk meningkatkan kesejahteraan terutama bagi kalangan wanita. Hal ini sesuai dengan tema Hari Kartini yang diperingati di Kementerian Komunikasi dan Informatika 2016, pemanfaatan teknologi informasi, dan komunikasi bagi wanita.

Sementara itu, di Kementrian Komunikasi dan Informatika Hari Kartini diperingati dengan menggelar bazar, talkshow dan lomba busana nusantara. Selain itu tampak pula sejumlah pegawai yang mengenakan pakaian tradisional.