BRI Terus Dukung Pelaku UMKM

Foto Istimewa

Foto Istimewa
Foto Istimewa

Economic Review-PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bersama LKBN Antara menggelar pameran foto usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan tema “Membangun Perekonomian Bangsa Melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah”. Pameran yang diikuti oleh lebih dari 5.000 foto ini terbagi atas dua kategori, yakni kategori jurnalis/pewarta foto dan kategori umum. Pameran foto digelar sejak 15 hingga 22 Februari 2016 di Gandaria City Mall, Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-120 Bank BRI yang diperingati pada 16 Desember 2015.

Di tempat ini, BRI juga melaksanakan penganugerahan pemenang lomba foto UMKM. Acara penganugerahan dihadiri Direktur Utama BRI Asmawi Syam, Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara Aat Surya Safaat, dan disaksikan jajaran direksi Bank BRI dan LKBN Antara.

“Pameran foto ini bentuk kepedulian BRI pada dunia UMKM yang selama ini telah menjadi fokus bisnis Bank BRI.  Dari 59 juta pelaku usaha, sebanyak 58 juta merupakan UMKM. Sehingga UMKM ini masih menjadi penyokong ekonomi utama di Indonesia,” papar Asmawi Syam ditengah penyelenggaraan pameran foto BRI

NH-BRI1Sejak BRI berdiri, dilanjutkan Asmawi, pihaknya memang selalu berpihak pada rakyat. Oleh karenannya BRI selalu mendukung UMKM yang merupakan usaha rakyat. “BRI selalu berusaha mengangkat UMKM yang ada di Indonesia. Pada tahun 2015, BRI memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebanyak Rp 16,5 triliun. Sedangkan tahun ini KUR yang disalurkan sebanyak Rp 67,5 triliun. UMKM yang mendapatkan bantuan kredit dari BRI terdiri dari berbagai sektor antara lain sektor pertanian meliputi penanaman, pembibitan, perdagangan serta di sektor kerajinan home industri. Selain BRI juga memberikan kredit di sektor pariwisata dan industri kreatif. Kami harapkan UMKM kita bisa bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya. Apalagi saat ini era kompetisi,” papar Asmawi.

BRI, lanjutnya, juga siap menjajaki industri eCommerce. Pihaknya mengumpulkan pelaku-pelaku eCommerce untuk mendengarkan apa kebutuhan mereka. Saat ini industri kreatif sudah banyak yang melakukan penjualan melalui eCommerce secara digital. Dalam waktu dekat BRI akan meluncurkan satelit yang inline dengan eCommerce.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga memuji berbagai foto yang dipamerkan dalam pameran foto BRI “Saya melihat energi yang luar biasa yang terlihat dari para pelaku UMKM, ada kreativitas yang dilakukan oleh pematung, peternak, pengrajin, pembuat kain. Mereka semua adalah pelaku ekonomi Indonesia yang harus selalu didukung keberadaannya,” ujar Asmawi.

Sementara itu, Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Khoirul Jamhari mengatakan, 99 persen pelaku ekonomi merupakan UMKM. “Mereka merupakan silent majority. UMKM diam-diam membangun ekonomi. Maka berilah kesempatan UMKM untuk terus berproduksi.