Antam Raih Best Overall SRA 2015

unnamedEconomic Review -Perusahaan pertambangan pelat merah, PT Antam (Persero) Tbk meraih dua penghargaan dalam Sustainability Reporting Awards (SRA) 2015. Kedua penghargaan yang diraih oleh Antam yakni peringkat pertama dalam Best Sustainability Report 2015 kategori Mining and Metal dan Best Overall Sustainability Report 2015.

“Pelaporan seluruh program tanggung jawab sosial dan pengelolaan lingkungan ini merupakan salah satu bentuk komitmen ANTAM terhadap transparansi dan akuntabilitas serta perhatian perusahaan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” ujar Direktur Umum dan CSR ANTAM, I Made Surata usai menerima penghargaan di Hotel Mulia, Jakarta akhir beberapa wajtu lalu.

Tercatat, 37 perusahaan, termasuk 4 perusahaan dari luar negeri dan satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Papua mengikuti ajang SRA 2015. Kriteria penilaian dalam SRA 2015 berdasarkan GRI-G4 Sustainability Reporting Guidelines. Ajang SRA ke-11 kali tersebut memberikan 7 kategori penghargaan, metal and mineral mining, energy, oil and gas, manufacturing, infrastructure, financial services, overseas dan first time report.

Ketua National Center for Sustainability Reporting (NCSR) Ali Darwin mengatakan bahwa laporan keberlanjutan dapat mengevaluasi sejauh mana perusahaan telah berpartisipasi terhadap pencapaian pembangunan keberlanjutan. “Banyak isu yang dapat diungkap dalam laporan tersebut. Seperti contohnya, kebijakan perusahaan mengatasi dampak lingkungan, meningkatkan profesionalitas karyawan, konservasi dan efisiensi energi, mitigasi efek gas kaca dan membantu meningkatkan kualitas hidup masusia di sekitar perusahaan.”

Ia lantas mengatakan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berewenang mengatur laporan keberlannjutan bisa mengoptimalkan lagi kewenangannya, sehingga semua perusahaan publik memiliki laporan berkelanjutan. Vinolla/ Corry