images (1)

Idhul Fitri atau yang lebih dikenal dengan Lebaran adalah hari raya umat Islam yang tentu saja sangat dinanti – nantikan. Biasanya di hari raya Lembaran ini terdapat tradisi bangsa Indonesia adalah membeli sandang, sepatu, dan lain – lain. Karena diyakini di hari raya ini kita kembali Fitri dan harus dengan busana dan segala sesxuatu yang dipakai serba baru.

Bahkan tidak ahanya itu saja, biasanya terjadi pelonjakan perputaran uang yang sangat pesat. Pusat – pusat perbelanjaan biasanya dipenuhi jika mendekati hari raya ini. Masyarakat antusias membeli segala sesuatu untuk menyambut hari kemenangan ini.

Tahun ini di tengah – tengah perekonomian bangsa yang agak terpuruk ini, daya beli masyarakat juga berdampak menurun di bandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya. Ambillah contoh seorang ibu rumah tangga yang suaminya bekerja sebagai buruh pabrik di kawasan Cikarang Bekasi, mengemukakan bahwa tahun – tahun sebelumnya di hari Lebaran biasanya membelikan 2 sampai 3 baju untuk ketiga anaknya. Tetapi di tahun ini hanya mampu membelikan sebuah baju untuk ketiga anaknya. Biasanya juga dapat membeli sepatu atau sandal untuk anak – anaknya, tetapi tahun ini tidak dapat membeli sepatu atau sandal untuk anak – anaknya.

Bila kita lihat saat ini memang pusat pembelanjaan tidak sepi oleh masyarakat, tetapi mereka membatasi pembelian hanya sebuah saja tidak bisa lebih banyak. Daya beli masyarakat Indonesia dapat terlihat di hari raya Lebaran ini sangatlah menurun.

Perekonomian Indonesia saat ini memang sedang mengalami penurunan dan dampak dari penurunan ekonomi negara adalah kepada masyarakatnya. Ini yang terjadi pada bangsa ini. AniĀ