images

 

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan yang diwajibkan untuk seluruh warga Indonesia dari Aceh hingga Papua, menjadikan perusahan asuransi yang melayani asuransi kesehatan menjadi kawatir. Tetapi kenyataannya  bahwa perusahaan asuransi yang melayani asuransi kesehatan banyak yang diuntungkan.

Masyarakat Indonesia sekarang ini masih banyak yang belum bisa menerima keberadaan asuransi. karena itulah perusahaan asuransi sulit untuk mensosialisasikan asuransi kepada masyarakat. Sejak adanya BPJS, maka secara tidak langsung masyarakat diwajibkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Walaupun dalam mensosialisasikan BPJS tidak ada kata premi. Padahal masyarakat tersebut tiap bulan harus membayar jaminan kesehatan ini sesuai dengan kelasnya. Tetapi dengan sebutan iuran, maka beda BPJS dengan asuransi. Kita berpikir bahwa apa bedanya iuaran yang dibayarkan tiap bulan tersebut dengan premi untuk asuransi yang juga dibayarkan tiap sebulan sekali atau triwulan atau juga tahunan tersebut.

Ada kekawatirankah perusahan asuransi yang melayani asuransi kesehatan dengan adanya BPJS Kesehatan ini? Beberapa perusahaan asuransi menyatakan tidak ada kekawatiransedikitpun terhadap BPJS Kesehatan ini. Bahkan beberapa perusahaan asuransi kesehatan merasa diuntungkan.

Apa yang menjadi keberuntungan bagi perusahaan asuransi kesehatan? Pertama adalah perusahaan asuransi kesehatan tidak lagi mensosialisasikan asuransi kepada masyarakat. Kedua adalah kebanyakan masyarakat memilih menggunakan asuransi dari perusahan asuransi ketimbang BPJS Kesehatan karena pelayanan yang berbeda. Kebanyakan BPJS Kesehatan pelayanan yang didapat sangat tidak mengenakan. Biasanya jika rawat inap selalu dibilang kamar penuh dan ada kelas lain yang harus menambah uang lagi. Obat tidak ditanggung dan masih banyak lagi penolakan – penolakan jika menggunakan BPJS Kesehatan.

Jadi tentu saja BPJS Kesehatan tidak merugikan bagi perusahaan asuransi yang melayani asuransi kesehatan. Jika BPJS Kesehatan ini bisa sinergi dengan perusahan asuransi yang melayani asuransi kesehatan tentu sangat bermanfaat lagi bagi masyarakat Indonesia. Tentu saja fasilitas yang didapat oleh masyarakat lebih baik dan lebih banyak lagi manfaatnya jika BPJS Kesehatan dapat bersinergi dengan perusahaan asuransi yang melayani asuransi kesehatan. Dengan premi yang terjangkau masyarakat, masyarakat dapat menikmati fasilitas lengkat tanpa ada penolakan – penolakan. Ani