Keunikan Bangkok dengan segudang budaya dan bangunan beraroma regius menarik jutaan pelancong di seluruh dunia. Daya pikat yang melekat pada sejarah panjang negeri berjuluk gajah putih.

Bagi penggemar traveling mengunjungi Kota Bangkok, Thailand memang bak magnet yang menyedot perhatian para pelancong. Selain terkenal dengan surga belanjanya yang murah meriah, Anda dapat pula menikmati wisata kuliner dalam suasana kota yang kental kebudayaan ini. Bangkok memang sudah mendunia.

Bangkok merupakan ibukota Thailand yang terkenal memiliki penduduk yang ramah dan bersahaja. Beragam objek wisata terutama masih terjaganya bangunan tua maupun kuil ritual keagamaan memperkuat daya tarik Bangkok sebagai salah satu tempat wisata terbaik di dunia.

Langkah pertama saat menginjakkan kaki di Bangkok, ada baiknya Anda mengunjungi Grand Palace, sebuah kompleks bangunan yang mewah karena merupakan official resident Raja Thailand. Kompleks yang dibangun di abad ke-18, dan atau dimulai sejak tahun 1782 dimasa kepemimpinan Raja Rama I kala sang raja memidahkan ibukota dari Wilayah Thonburi menuju Bangkok.

Lokasi penting lainnya yang patut Anda saksikan adalah The Emerald Budha atau Wat Phra Kaew. Anda akan temui sebuah patung sang Buddha dengan posisi duduk dan terbuat dari batu Emerald berselimut emas.

Dari skala ukuran, sebenarnya tidak terlalu besar, hanya setinggi 45cm, namun sejarah panjangnya dan bahan dasar pembuatan dari patung inilah yang menjadikannya sebuah benda yang amat kramat sebagai patung Budha yang sarat unsur magis.

Puas menjawab rasa penasaran menyaksikan The Emerald Budha, Anda patut menyambangi rangkaian ornamen mengagumkan di Wat Pho yang terletak tak jauh dari komples official resident Raja Thailand.

Wat Pho adalah sebuah temple yang didalamnya terdapat pula patung Buddha dengan posisi tidur. Patung ini dikenal juga dengan sebutan Temple of the Reclining Buddha. Kompleks Wat Pho merupakan puri tertua dan terbesar di Bangkok dengan luas 80.00m2, dan merupakan rumah bagi patung dan semua ornemen Buddha dalam segala bentuk.

Tak kalah menarik, adalah menyaksikan pertunjukkan Siam Niramit, yakni pertunjukkan paling akbar di Thailand. Hanya ada dua, di Bangkok dan di Phuket. Pertunjukkan ini digelar di atas panggung yang super besar, dan panggung ini tercatat sebagai panggung terbesar di Guinness World Records. Menghadirkan 100 orang artis yang dibalut dalam wardrobe yang sangat menawan, tata panggung yang amazing.

Pertunjuknya sendiri dimulai pukul delapan dan berlangsung selama 80 menit dan menggambarkan tentang sejarah panjang Thailand dimulai dari The Ancient Kingdom of Lanna hingga kehidupan modern saat ini yang digambarkan dengan festival full moon yang sangat terkenal di Thailand, Loy Krathong.

Ada pula istana Vinmanmek Mansion yang berada di distrik Dusit. Vimanmek adalah sebuah istana yang dibangun pada tahun 1900 oleh Raja Rama V (Chulalongkorn the Great). Istana yang keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu ini, disebut juga Teak Mansion. Tidak ada satu paku pun yang dipakai dalam membangun istana ini. Museum ini bagaikan show case of Thailand national heritage. Sekarang, istana ini menjadi daya tarik wisata dunia dan merupakan rumah terbesar yang menggunakan kayu jati.

Kuil-kuil cantik pun banyak menghiasi kota yang banyak terdapat di distrik ini. Wat Benchamabophit Dusitvanaram atau yang dikenal dengan sebutan Marbel Temple.  Puri yang dibagun pada tahun 1899 atas instruksi Raja Rama V, ini didesain oleh  saudara tirinya, Pangeran Naris. Puri ini secara keseluruhan dibangun dengan menggunakan marmer yang didatangkan dari Italia.

Masih dua wat lagi yang sayang untuk dilewatkan, Wat Sutat  dengan Giant Swing nya, dan Wat Traimit yang di dalamnya terdapat patung Buddha dari emas asli seberat 4,5ton. Anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke Erawan Shrine atau patung Buddha empat muka. Patung ini berada dipersimpangan Ratchaprasong dan Ratchadamri, konon terkenal dapat mengabulkan permintaan Anda. Ingin mencoba?